Usai Sudah Kejutan Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Usai Sudah Kejutan Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018 ((istimewa))

TANGERANG - Timnas Prancis berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 usai menghancurkan Kroasia dengan skor 4-2 pada laga yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (15/07/2018).

Gol untuk Prancis dicetak melalui gol bunuh diri dari Mario Mandzukic pada menit 19′, Antoine Griezmann pada menit 38′, Paul Pogba pada menit 59′ dan Kylian Mbappe pada menit 66′. Sedangkan gol Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic pada menit 27′ dan Mandzukic pada menit 69′.

Memegang sejak menit-menit pertama, Kroasia langsung memegang kendali pertandingan. Hingga menit 10′, Kroasia tampil mendominasi. Sementara Prancis masih kesulitan mengalirkan bola ke lini depan.

Baru pada menit 18′, peluang pertama bagi Prancis didapatkan setelah Antoine Griezmann dijatuhkan Marcelo Brozovic.Tendangan bebas didapatkan oleh Les Blues.

Griezmann yang mengeksekusi tendangan bebas, berhasil mengirimkan umpan apik yang menuju kerumuman pemain didalam kotak penalti, sayang Mario Mandzukic yang bermaksud membuang bola justru menyundul bola ke gawang sendiri. 1-0 Prancis memimpin.

Tertinggal satu gol, Kroasia meningkatkan intensitas penyerangan. Hasilnya, pada menit 28′ gol penyama kedudukan tercipta melalui Ivan Perisic. 1-1 game on.

Pada menit 35′, sundulan Matuidi mengarah tipis ke samping gawang, namun wasit Nestor Pitana menunjuk titik putih penalti usai melihat VAR dan menyatakan Ivan Perisic melakukan handsball. 

Griezmann yang dipercaya untuk mengeksekusi penalti, berhasil mencatatkan namanya di papan skor. 2-1 Prancis kembali unggul.

Kedua kesebelasan saling berbalas serangan, namun hingga peluit berakhirnya babak pertama ditiupkan, skor 2-1 untuk keunggulan Les Bleus atas Vatreni tetap bertahan.

Di babak kedua, tendangan keras Ante Rebic nyaris membawa Kroasia kembali menyamakan kedudukan, beruntung kiper Hugo Lloris mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Pada menit 53′ gol kembali tercipta untuk Prancis setelah tendangan keras Paul Pogba menembus jala Kroasia. 3-1 Prancis menjauh.

Prancis yang berada di atas angin kembali menggila. Peluang emas didapatkan untuk memperbesar keunggulan melalui tendangan salto Giround mampu digagalkan clearance salto Brozovic.

Kroasia yang berusaha keluar dari tekanan untuk memperkecil ketertinggalan justru harus kembali kebobolan pada menit 66′. Tendangan keras Kylian Mbappe menghujam ke sisi kiri gawang kiper Subasic. 4-1 Prancis unggul.

Tidak mau kalah begitu saja, tiga menit berselang Kroasia berhasil mencetak gol lewat Mandzukic yang memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Prancis. 4-2 Kroasia memperkecil ketertinggalan.

Pada 78′, Kroasia nyaris kembali mencetak gol. Sayang tendangan Ivan Rakitic masih tipis di tiang jauh gawang.

Jual beli serangan terus diperagakan oleh kedua kesebelasan, tetapi hingga wasit meniupkan peluit panjang berakhirnya pertandingan, skor 4-2 untuk kemenangan Prancis tidak berubah.

Hasil ini mengantarkan Prancis mengangkat trofi Piala Dunia tahun ini yang merupakan trofi Piala Dunia kedua setelah sebelumnya berhasil merebutnya pada tahun 1998. Dan hasil ini sekaligus menempatkan Didier Deschamps yang menjadi orang Prancis pertama yang menjadi pemain dan pelatih dalam menjuarai piala dunia.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan:

Prancis: 1-Hugo Lloris; 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 6-Paul Pogba, 13-N’Golo Kante; 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi; 9-Olivier Giroud.

Pelatih: Didier Deschamps

Kroasia: 23-Danijel Subasic; 2-Sime Vrsaljko, 6-Dejan Lovren, 21-Domagoj Vida, 3-Ivan Strinic; 7-Ivan Rakitic, 11-Marcelo Brozovic; 18-Ante Rebic, 10-Luka Modric, 4-Ivan Perisic; 17-Mario Mandzukic

Pelatih: Zlatko Dalic. (bc/ak)