Usai Pemilu Puluhan Dewan Tangsel Jalan Keluar Kota, Kunker Apa Pelesiran?

Usai Pemilu Puluhan Dewan Tangsel Jalan Keluar Kota, Kunker Apa Pelesiran? (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Gedung DPRD Tangsel terlihat sepi, suasana kantor tampak kosong dari aktifitas para wakil rakyat. Bahkan, ruangan Sekertaris Dewan (Sekwan) yang baru pun terlihat tertutup rapat. 

Menurut informasi yang diterima awak media, sejak Sabtu, 27/04/19, puluhan anggota dewan masih berada diluar daerah karena lakukan kunjungan kerja (Kunker).

Menanggapi hal itu, Pengamat Hukum Universitas Pamulang (Unpam), Suhendar menyatakan bahwa, apa yang dilakukan oleh para wakil rakyat tersebut, bukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pasalnya, kinerja para wakil rakyat hingga kini belum menyentuh kepada kebutuhan masyarakat.

"Sebetulnya juga enggak tahu kunjungan dalam rangka apa anggota dewan ini, kan sering kali kunjungan. Jadi kerjanya sering tapi akuntabilitas publik nggak pernah ada,"kata Suhendar saat dijumpai di Gedung DPRD Tangsel, Jalan Raya Puspitek-Serpong, Tangsel, Senin (29/4/2019).

Suhendar juga menambahkan, agar tak menjadi isu liar oleh publik, kunjungan tersebut harus dipertanggungjawabkan melalui pelaporan yang rinci.

"Seharusnya secara hukum maupun secara moral selepas bertahap, kunjungan itu mereka membuat laporan, hasilnya apa saja. Nah, ini yang dipublikasikan tidak ada, sehingga kalau tidak ada laporan dan tidak ada publikasi maka akhirnya publik mencurigai macam-macam, itu sah-sah saja,"tegasnya.

Sementara itu, Badan Kehormatan (BK) DPRD Tangsel Gacho Sunarso, lebih memilih tutup mulut, saat wartawan meminta informasi soal sepinya wakil rakyat di ruang kerjanya dan agenda kunjungan dewan. (Ak)