Usai Lebaran, Kota Tangerang Diserbu Pengangguran

Usai Lebaran, Kota Tangerang Diserbu Pengangguran (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Kota besar masih menjadi magnet bagi para pencari kerja alias pengangguran. Tak terkecuali di Kota berjuluk seribu industri, yakni Kota Tangerang. Daerah yang juga menjadi penyangga ibukota Jakarta ini, masih banyak diburu para pendatang pasca Lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.

Para pendatang alias perantau tergiur untuk mengadu nasib di Kota Tangerang. Ini dapat dilihat dari data yang dihimpun Wartawan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangerang.

Jumlah pendatang kian harinya bertambah banyak. Bahkan mengalami pelonjakan dari tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang, Erlan Suherlan pihaknya menctatat ada penambahan jumlah pendatang setelah lebaran kali ini.

“Memang ada penambahan kami mencatat para pendatang yang datang ke Kota Tangerang ini,” ujar Erlan Rabu (12/6/2019)

Pihaknya mulai melakukan pendataan terkait arus urbanisasi tersebut. Tak luput dengan dilancarkannya operasi yustisi kepemilikan dokumen kependudukan bagi para pendatang.

“Mulai dilakukan pendataan pada tanggal 10 Juni 2019 sebanyak 83 jiwa para pendatang,” ucapnya.

Mereka pun tersebar di sejumlah 13 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Erlan menambahkan, motivasi para pendatang tetap mencari peruntungan dengan mencari pekerjaan. Data tersebut, menurutnya akan terus bertambah.

Sementara Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Peningkatan Prokdutivitas pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Sri Marsudiharti mengungkapkan, jumlah para pencari kerja saat ini diakuinya angkanya melonjak.

Bahkan jumlahnya tembus hingga ratusan orang tiap harinya. Dan mereka yang datang saat ini rata-rata lulusan SMK.

“Kemarin terdata ada 125 orang yang memohon kartu tanda pencari kerja. Hari ini tercatat sebanyak 128 orang. Kebanyakan yang baru lulus SMK, ada juga yang Sarjana,” kata Sri saat di ruang kerjanya.

Sri mengklaim pihaknya terus melakukan berbagai upaya guna meredam angka pengangguran di Kota Tangerang yang tiap tahun jumlahnya semakin meningkat. Jajarannya dalam waktu dekat lagi akan menggelar job fair terkait permasalahan ini.

“Nanti akan diadakan bursa pencarian kerja pada tanggal 23, 24 dan 25 Juli 2019 di Mal Bale Kota Tangerang,” paparnya.

Pantuan di lokasi, banyak masyarakat yang mengantre untuk diberikan pelayanan di kantor yang berlokasi di Cikokol ini. Mereka pun tampak sibuk membawa sejumlah persyaratan dokumen.

Seperti yang dilakukan oleh Faisal (19) satu dari rombongan dalam antrean. Ia bahkan mengaku sedari pagi mendatangi Gedung Dinas Ketenagakerjaan itu.

“Mau bikin kartu tanda pencari kerja,” ujar Faisal. (red)