UNPRI dan MIPI Bakal Gelar Seminar Soal Penyederhanaan Birokrasi

UNPRI dan MIPI Bakal Gelar Seminar Soal Penyederhanaan Birokrasi (Mn-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Rencana pemangkasan birokrasi yang akan dilakukan pemerintah pusat masih menjadi pertanyaan berbagai pihak. Terutama, para akademisi, praktisi, pemerhati termasuk pengabdi pemerintah.

Untuk memastikan kejelasan dari rencana penyederhanaan birokrasi itu, Universitas Pramita dan alumninya akan menggelar seminar publik, mengupas lebih jelas kebijakan pemerintah pusat ini. Seminar atau diskusi ini akan digelar 1 Feberuari 2020 mendatang di gedung Graha Widya Bhakti Puspitek Serpong Tangerang Selatan.

“Seminar Nasional yang bertema ‘Tantangan Pelayanan Publik dalam Penyederhanaan Birokrasi,” kata Dr. Hasdanil Rektor Universitas Pramita Indonesia, Selasa (7/1/2020).

Kata Hasdanil, narasumber yang akan hadir dalam seminar itu, Gubernur Banten Wahidin Halim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Staf Ahli Menpan RB, Jufri Rahman, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dan Ketua Dewan Pembina DPP MIPI dan Pakar Politik, Ryaas Rasyid.

“Dari seminar tersebut kita berharap dapat memetakan problematik reformasi birokrasi dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (Good And Clean Governance) di Indonedia,” terang Hasdanil kepada wartawan di Gedung Setda Pemkab Tangerang.

Ketua Forum Alumni Ilmu Pemerintahan UNPRI, Soma Atmadja menambahkan, dalam seminar itu juga berisikan diskusi tantangan yang dihadapi Indonesia dalam melakukan reformasi birokrasi, terutama dalam berkaitan dengan kemampuan dan pengelolaan SDM, netralitas birokrasi, praktek KKN dan hal lain yang berhubungan fungsi pokok birokrasi.

”Seminar itu juga akan mendiskusi dampak kebijakan otonomi daerah baik yang berkaitan dengan efektifitas dalam mendukung reformasi birokrasi di daerah serta presepsi masyarakat tentang keberhasilan reformasi birokrasi di Indonesia,” terang Soma.

Seminar akan diikuti 600 orang peserta dan terdapat presentasi call paper dari akademisi, pemerhati, praktisi pemerintahan yaitu pemerintah daerah se provinsi Banten, perguruan tinggi fakultas sospol seluruh Indonesia, mahasiswa universitas Pramita.

Seminar ini juga dalam rangkaian pengukuhan Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar sebagai Ketua Komisariat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Kampus UNPRI.

MIPI adalah organisasi profesi yang menghimpun para sarjana, pakar, praktisi, pemerhati dan pengabdi Ilmu Pemerintahan yang dibentuk di Tangerang pada 31 Oktober 2019 lalu. (mn)