Tutup Pelaksanaan Harkopda, Bang Ben Sebut Tangsel Jadi Kota Koperasi

Tutup Pelaksanaan Harkopda, Bang Ben Sebut Tangsel Jadi Kota Koperasi (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berkomitmen untuk menjadi salah satu kota koperasi yang ada di Indonesia. Berbagai program dilakukan demi meningkatkan aktivitas koperasi dalam kegiatan perekonomian Tangsel yang mana bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie saat penutupan Harkopda di Pamulang, Minggu (8/9/2019).

Pria yang akrab disapa Bang Ben itu,  menjelaskan jika saat ini, Tangsel memiliki indeks pertuumbuhan ekonomi mencapai 7,2 persen yang disumbangkan dari investasi pihak swasta dan koperasi serta UMKM. Melihat komposisi tersebut Benyamin merasa jika untuk lebih meningkatan pertumbuhan ekonomi, diperlukan sebuah gerakan untuk koperasi.

Menurut Benyamin, saat ini pemerintah mencatat ada 384 koperasi yang dianggotai oleh pelaku UMKM yang aktf di Kota Tangsel. Aktivitas koperasi di Tangsel seolah menjadi angin sejuk karena diklaim mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi.

”Karena itu kami (Pemkot) terus melakukan pengamanan agar koperasi bisa terus eksis di tengah masyarakat,” ujar Bang Ben.
 
Menurut Benyamin, Tangsel memiliki masyarakat yang punya kemampuan daya beli yang tinggi. Sehingga, baik anggota koperasi serta pelaku UMKM bisa memanfaatkan situasi ini. Dengan startegi yang ditentukan, dia menjamin pergerakan ekonomi di kalangan koperasi dan UMKM akan terus aktif.

Hal tersebut disepakati oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Banten Tabrani. Ia menjelaskan jika Tangsel merupakan salah satu daerah yang berhasil menjaga komitmen untuk berkontribusi meningkatkan peran koperasi dalam mensejahterakan masyarakat.

”Dari data yang ada, koperasi di Tangsel itu cukup aktif. Ini adalah bukti komitmen tersebut,” ujar dia.

Selain itu, Tabrani juga mengajak kepala dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangsel, Deden Deny untuk kembali mewujudkan ekonomi kesejahteraan rakyat melalui koperasi. Ajakan tersebut timbul, saat Tabrani baru mengetahui jika Deden merupakan pejabat yang baru menduduki kursi kepala dinas itu.

"Ayo kita jaga komitmen ini. sebagaimana koperasi menjadi basis ekonomi rakyat. Jadi pelopor perekonomiannya,” kata dia.

Dia juga berharap, agar Dinas Koperasi dan UMKM di Tangsel bisa mengajak lebih banyak masyarakat untuk mau bergabung ke dalam koperasi. Agar peran koperasi dalam perekonomian bangsa semakin meningkat. (*/red)