Tumben! Gerindra Pimpin Rapat Paripurna DPRD Tangsel, Ada Apa Nih?

Tumben! Gerindra Pimpin Rapat Paripurna DPRD Tangsel, Ada Apa Nih?
Tumben! Gerindra Pimpin Rapat Paripurna DPRD Tangsel, Ada Apa Nih?
(Wakil Ketua DPRD Tangsel, Li Claudia Chandra/kb)

NONSTOPNEWS.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat paripurna dalam rangka pandangan unum fraksi-fraksi atas penyampaian Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019.

Namun, sesaat pimpinan rapat paripurna, yaitu Wakil Ketua DPRD I, Iwan Rahayu, mengetuk palu sebanyak tiga kali pertanda dibukanya rapat tersebut, sejumlah anggota dewan yang hadir melayangkan interupsi pada pimpinan rapat.

Adapun interupsi para anggota dewan tersebut semua senada, yakni meminta Wakil Ketua II, Li Claudia Chandra, sebagai salah satu pimpinan DPRD Tangsel, untuk memimpin rapat.

“Salah satu tugas pimpinan DPRD adalah memimpin rapat dan sidang paripurna. Dan selama ini saya melihat pak Abdul Rasyid selaku Ketua DPRD sudah sering memimpin rapat, begitu pula dengan pak Iwan Rahayu juga sering, lalu pak Mustofa juga sering. Selama ini saya belum pernah dan kepingin saya melihat pimpinan kita yakni ibu Alin (sapaan akrab Li Claudia) yang memimpin rapat kali ini,” ujar anggota DPRD Tangsel dari fraksi PSI, Alex Prabu, mengawali interupsi anggota dewan lain, di lantai II gedung DPRD Tangsel, ruang paripurna, Senin (6/7/2020).

Menyusul setelah Alex interupsi, diantaranya, Ledy MP Butar Butar dari fraksi PDIP, Rizky Jonis dari fraksi Demokrat, Sri Lintang dari fraksi PKS, dan Mohamad Soleh dari fraksi PKB.

“Saya beberapa bulan yang lalu sempat menyatakan hal demikian. Kita ada pimpinan perempuan satu, kita bangga memiliki pimpinan wanita. Tapi bangganya ini belum lengkap kalu seandainya pimpinan wanita kita yakni ibu Li Claudia Candra dapat memimpin rapat paripurna kali ini,” tukas Mohamad Soleh, menutup interupsi para anggota dewan.

Lebih lanjut, Iwan pun menyerahkan palu pimpinan sebagai tanda pimpinan rapat berpindah, dari Iwan Rahayu ke Li Claudia Candra.

Diketahui, sebagai salah seorang pimpinan Li Claudia memang jarang sekali memimpin rapat atau sidang paripurna, utamanya dalam agenda-agenda rapat atau sidang paripurna yang membahas hal-hal yang sifatnya penting ataupun khusus.

Tak disangka, setelah memegang palu pimpinan rapat, politisi keturunan tionghoa partai Gerindra itu tanpa ragu langsung membuka rapat paripurna tersebut. Li Claudia tampak bersemangat, suaranya terdengar sangat lantang, nyaring dan terdengar terburu-buru saat membacakan teks tahapan rapat.

Kemudian, Alin pun membacakan mukadimah rapat paripurna dan diawali dengan pembacaan peraturan DPRD Kota Tangsel nomor 01 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD Kota Tangsel.

"Diawali dengan Basmallah, Bismillah hirohmanirohim, rapat paripurna dengan resmi kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum," pungkas Alin dibarengi ketukan palu sidang sebanyak tiga kali. (kb)