Tsunami Banten dan Longsor Sukabumi Makan Tumbal, Kepala BNPB Dicopot Jokowi

Tsunami Banten dan Longsor Sukabumi Makan Tumbal, Kepala BNPB Dicopot Jokowi (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Bencana beruntun membuat Jokowi harus siap siaga. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini akhirnya mencopot Kepala BNPB Willem Rampangilei.

Willem akan diganti oleh Letjen Doni Monardo. Doni rencananya akan dilantik di Istana besok, Rabu (2/1/2019).

Beredar isu dicopotnya Willem terkait tsunami Banten dan Lampung. Ada juga kabar berembus, Jokowi sudah menyiapkan orang tangguh untuk menghadapi bencana di 2019.

Karena berdasarkan prediksi BNPB, Indonesia akan tetap diwarnai bencana di 2019. Diperkirakan akan ada 2.500 bencana seperti gempa, tanah longsor banjir dan angin puting beliung.

Staf khusus Presiden, Johan Budi SP tidak membantah kalau Doni akan dilantik pagi hari ini di Istana Negara.

Doni sebelumnya menjabat Sesjen Wantannas. Sedangkan Willem menjabat Kepala BNPB sejak 2015.

Informasi pelantikan Kepala BNPB yang baru sebelumnya dibenarkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Sutopo berharap Kepala BNPN baru memiliki kepemimpinan kuat dan siap sedia 24 jam memberikan laporan mengenai bencana kepada Jokowi.

"Siapa pun yang jadi kepala BNPB kan tantangannya berat, 2018 bencana begitu banyak. Korban 2.000-an, harus orang yang ahli, proporsional, yang memiliki strong leadership, dan dekat dengan presiden karena dalam kondisi darurat Kepala BNPB harus memberikan laporan setiap saat," ujar Sutopo. (radarnonstop)