Transisi New Normal, Anies Bolehkan Warga Buka Toko Tapi Harus Ganjil Genap

Transisi New Normal, Anies Bolehkan Warga Buka Toko Tapi Harus Ganjil Genap (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID - Masa transisi new normal, toko - toko di Ibu Kota mulai diperbolehkan buka. Namun toko-toko itu buka dengan bergantian dengan aturan ganjil genap (gage).

Toko - toko buka bergantian berdasarkan nomor toko. Toko bernomor ganjil akan buka pada tanggal ganjil. Sementara toko bernomor genap akan buka pada tanggal genap.

"Toko dengan nomor ganjil dibuka dengan tanggal ganjil dan toko genap akan dibuka dengan tanggal genap," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Kamis (4/6/2020).

Hanya saja skema itu dilakukan pada masa transisi new normal Jakarta fase kedua. Untuk fase pertama, toko-toko yang dibolehkan buka hanya toko bahan makanan.

Selain itu, Warga Jakarta sudah boleh keluar rumah mulai, Jumat (5/6/2020) besok. Namun mereka harus mengenakan masker.

Anies juga menjelaskan jika Jakarta sudah masuk masa transisi menuju new normal.

Anies megatakan jika masa transisi ini dilakukan pelonggaran berkegiatan. Warga jakarta bisa keluar rumah.

"Masa transisi mulai besok, sampai selesai. Tanpa tanggal," kata Anies lagi.

Anies menjelaskan kegiatan warga harus berdasarkan protokol kesehatan wabah corona. Seperti mengenakan masker dan berjaga jarak.

"Prinsip masa transisi hanya warga yang sehat boleh berkegiatan di rumah, semua kegiatan kapasitas maksimal 50 persen, dan diwajibkan pakai masker," kata Anies.

Anies menjelaskan sengaja tidak memberikan batas waktu PSBB masa transisi new normal. Sebab jika jumlah pasien virus corona terus meningkat, masa transisi new normal akan diakhiri dan pergerakan warga Jakarta kembali dibatasi.

"Mekanisme transisi bila ternyata kondisi mengkhawatirkan, semua direm," tandas Anies. (mi)