TNI Ini Bilang Kesadaran Masyarakat Masih Rendah Soal Protokol Kesehatan

TNI Ini Bilang Kesadaran Masyarakat Masih Rendah Soal Protokol Kesehatan (Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, Komandan Distrik Militer (Dandim 0623) Kota Cilegon/ist)

NONSTOPNEWS.ID - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0623 Kota Cilegon meninjau dua pusat perdagangan di Kota Cilegon, yakni CCM (Cilegon Center Mal) dan Pasar Kranggot, usai mengikuti apel gabungan operasi pendisiplinan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di Jl. Jenderal Sudirman, depan Kantor Wali Kota, Senin (1 Juni 2020).

Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, Komandan Distrik Militer (Dandim 0623) Kota Cilegon, menyayangkan rendahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan jaga jarak (pshycal distancing) maupun kesadaran menggunakan masker. Hal itu ia ketahui saat meninjau dua pusat perbelanjaan di Kota Cilegon, yakni CCM dan Pasar Tradisional Kranggot.

“Di sini aparat melihat banyak masyarakat yang masih belum memahami arti protokol kesehatan dalam rangka mewaspadai wabah Covid-19,” ujar Rico.

Ia juga menegur beberapa pengunjung mal maupun pasar yang tidak mengindahkan protokol kesehatan, sekaligus mengingatkan untuk lebih disiplin dalam menaati protokol kesehatan, baik yang sedang berjalan maupun yang akan diterapkan nanti saat berlakunya pola hidup baru atau New Normal.

“Harusnya, di tempat-tempat sentral seperti mal maupun pasar mereka menjaga jarak dan menggunakan masker untuk kesehatan mereka sendiri,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, di beberapa titik sudah diberikan imbauan dengan harapan New Normal yang akan diterapkan pemerintah pusat bisa terselenggara dengan baik.

“Ini yang sedang kita himbau dan kita sampaikan agar masyarakat lebih tertib, baik itu penjual maupun pembeli,” tutup Rico.

Di CCM dan Pasar Kranggot terlihat sebagian besar pedagang di pintu masuk bantaran kali Pasar Kranggot masih banyak yang tidak menggunakan masker serta mengabaikan jaga jarak, begitupun di sentra perbelanjaan modern (CCM), khususnya di ruang-ruang tempat makan, masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan. (SBN/au)