Tiket Pesawat Mahal, Bus Terminal Kalideres Diserbu Penumpang

Tiket Pesawat Mahal, Bus Terminal Kalideres Diserbu Penumpang (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Penumpang diterminal Kalideres Jakarta Barat, meningkat 30 persen pasca penerapan tarif bagasi yang tergolong mahal untuk penumpang pesawat terbang. Para penumpang akhirnya memilih moda transportasi darat ini. 

Bukan hanya untuk tujuan ke daerah di Pulau Jawa, penumpang juga mengincar bus tujuan  ke sejumlah kota di pulau Sumatera misalnya Padang dan Palembang.

“Trend kenaikan penumpang beralih memilih naik bus AKAP daripada pesawat karena supaya hemat, terlebih setelah bagasi di pesawat dikenakan tarif,” kata Revi Zulkarnaen, Kasatpel Terminal Kalideres, Senin (11/2/2019).

Berdasarkan data, penumpang yang berangkat menuju Padang, Sumatera Barat kini berkisar 20 orang dari biasanya paling banyak delapan. Begitu pula meningkatnya penumpang tujuan ke Palembang naik dari 10 menjadi 18 orang. 

“Kondisi serupa juga terjadi pada penumpang yang berangkat ke sejumlah kota Semarang, Yogyakarta dan Malang. Naik dari kisaran 45 penumpang bus eksekutif menjadi 75,” ujar Revi.

Biaya transportasi dengan bus AKAP meski dengan tiket eksekutif masih lebih murah sekitar 50 persen, dibanding menggunakan pesawat. (man)