Ternyata Ini 'Bandar' Demo Mahasiswa ke DPR

Ternyata Ini 'Bandar' Demo Mahasiswa ke DPR
Ternyata Ini 'Bandar' Demo Mahasiswa ke DPR
(ist)

NONSTOPNEWS.ID - Ribuan mahasiswa turun ke jalan pada 23 dan 24 September 2019, mereka membawa sejumlah tuntutan untuk pemerintah di antaranya adalah penolakan untuk disahkannya RKUHP. Lantas, siapa yang membiayai aksi demo tersebut?

Banyak yang bertanya-tanya, adakah bohir yang menggerakkan aksi tersebut, jawabannya ada yakni musisi Ananda Badudu yang dulu dikenal sebagai personel "Banda Neira".

Ananda Badudu sampai hari ini masih aktif mencuit soal apa saja kebutuhan para mahasiswa di lapangan untuk aksi mereka. Tapi uang yang digunakan bukan uang pribadinya, melainkan hasil donasi yang ia kumpulkan lewat platform kitabisa.com.

Tercatat sampai pagi ini jumlah donasi sudah mencapai Rp 100 juta lebih, dan masih berlanjut. Galangan dana ini sendiri dibuka sejak Minggu sore lalu. "Gak nyangka sih bisa kekumpul sebanyak ini, luar biasa juga. Ini belum ditutup karena antisipasi kebutuhan hari ini akan lebih besar," kata Ananda saat dihubungi, Selasa (24/9/2019).

Menurutnya, jumlah donasi tersebut berasal dari 1000 lebih donatur. "Artinya ini yang menyumbang mungkin jumlahnya kecil-kecil jika dirata-rata, sekitar Rp 70 ribuan seorang, tapi banyak. Benar-benar ini bergerak dari aspirasi rakyat sendiri," jelasnya.

Untuk penggalangan dana ini, Ananda juga menggandeng musisi lainnya sebagai fundraiser seperti Efek Rumah Kaca. Setiap penggunaan dana, langsung ia laporkan di akun sosial medianya sebagai transparansi publik.

"Nanti di akhir juga akan dirinci pertanggungjawabannya."

Ananda juga bercerita alasannya membuat galangan donasi ini, ia meyakinkan tidak ada dorongan apa-apa selain rasa simpatik untuk perjuangan para mahasiswa. Sebelumnya, ia juga menciptakan lagu yang berjudul "Pemakaman Harapan", isinya mengkritik sejumlah kebijakan yang dilakukan pemerintah beberapa pekan ini.

Sumber : cnbcindonesia