Terdampak Covid-19, Sejumlah Pihak Dorong dan Dukung Airin Ambil Langkah Kebijakan Ekonomi Jangka Pendek

Terdampak Covid-19, Sejumlah Pihak Dorong dan Dukung Airin Ambil Langkah Kebijakan Ekonomi Jangka Pendek
Terdampak Covid-19, Sejumlah Pihak Dorong dan Dukung Airin Ambil Langkah Kebijakan Ekonomi Jangka Pendek
()

NONSTOPNEWS - Beberapa pihak yang menyoroti dampak ekonomi wabah Virus Corona Disease (Covid-19), mendorong dan mendukung Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany untuk mengambil langkah kebijakan ekonomi dalam waktu dekat, untuk jangka pendek.

Seperti disampaikan oleh Anggota Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel, Drajat Sumarsono, yang mengatakan bahwa hanya ada satu solusi untuk menutupi kosongnya kas daerah, yaitu dengan melakukan pinjaman.

Pinjaman tersebut menurut Drajat, dapat dilunasi pada saat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) berjalan, sehingga tidak memakan waktu panjang, mengingat jabatan Airin yang berakhir pada April 2021.

“Nah Pemkot yang tahu berapa jumlah anggaran untuk menutupi kekosongan kas itu. Bukan cuma untuk penanganan Covid-19, tapi untuk menjalankan program-program Pemkot dalam rangka mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) nya Walikota. Itu janjinya Walikota pada saat kampanye dan harus tuntas sebelum april 2021,” tegasnya, di gedung DPRD Tangsel, Jalan Puspitek Raya, Setu, Selasa (19/5/2020).

Hampir senada, pengamat ekonomi yang juga selaku Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi), Ajib Hamdani, mengingatkan Pemkot Tangsel bisa saja melakukan pinjaman sebagai solusi jangka pendek, asalkan ada strategi jangka panjang untuk menggenjot perputaran dunia usaha diwilayah Kota Tangsel.

“Untuk jangka pendek, Pemkot bisa saja berhutang terhadap sektor keuangan. Tetapi kalau tidak ada strategi jangka panjang untuk menggenjot perputaran bisnis di wilayah Tangsel, maka jurang defisit anggaran akan terkoreksi semakin dalam,” ujarnya, melalui pesan Aplikasi WhatsApp.

Selanjutnya, Ketua Kamar Dagang Indonesia Paradigma Baru (Kadin PB) Kota Tangsel, Miss Farhadiba, mendukung kebijakan ekonomi yang nantinya akan diambil oleh Airin. Ia meyakini, Airin mampu memberikan solusi tepat terkait melemahnya ekonomi Kota Tangsel akibat wabah Covid-19.

“Sembilan tahun jadi Walikota, seorang pemimpin harus bisa keluar memberikan solusi. Disitulah diuji kualitasnya. Masa sisa setahun kualiatasnya kaga bisa keluar,” ujarnya, saat ditemui di kawasan Ciater, Serpong.

Sebelumnya juga diberitakan, Analis kebijakan publik dan komunikasi politik Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS), Adib Miftahul, agar pemkot Tangsel harus sesegera mungkin mengambil langkah kebijakan fiskal, mengingat saat ini merosotnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang disebabkan merosotnya daya beli masyarakat. 

Salah satu kebijakan yang dapat dilakukan oleh Airin adalah memulihkan kembali daya beli tersebut dengan kebijakan yang bisa menutupi lubang sebagai akibat dari wabah Covid-19.

"Airin tidak perlu khawatir, Tangsel itu laju pertumbuhan ekonominya sangat tinggi, jadi pada dasarnya Tangsel tangguh dalam ekonomi, tinggal pemimpin daerah harus berani dalam mengambil langkah kebijakan,” tegasnya. (KB)