Tangsel Terancam Absen Terima Dana Kelurahan, PPTK-nya Masih Banyak Non PNS

Tangsel Terancam Absen Terima Dana Kelurahan, PPTK-nya Masih Banyak Non PNS (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID - Kota Tangsel nampaknya belum siap dalam menerima dana kelurahan. Pasalnya anggaran yang akan dikucurkan oleh pemerintah pusat itu beberapa persyaratannya belum dapat dipenuhi oleh kota berjuluk Cerdas Modern Religius (Cmore) tersebut. 

Seperti yang diisyaratkan Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerjasama Kementerian Dalam Negeri, Sugiarto di Serpong Utara, beberapa waktu lalu.

Untuk dapat menggunakan dana kelurahan, kata Sugiarto, Lurah selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) harus berstatus PNS. Begitu pun dengan penguasa anggaran lainnya,  seperti Pejabat Penatausahaan Pengeluaran atau PPK pengeluaran, pembantu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Pejabat Pembantu Teknis Pengeluaran, Bendahara Pengeluaran.

"Empat orang itu harus PNS. KPA dan Bendahara Pembantu dari SK kepala daerah. PPTK dan PPTK pembantu dari SK KPA," terangnya.

Untuk itu, kata Sugiarto pihaknya akan terus mensosialisasikan penggunaan anggaran agar sesuai Undang-Undang. 

"Kepala daerah harus menyesuaikan. Karena nanti pertanggungjawaban keuangan harus ASN. Tidak bisa kalau non PNS," katanya. 

Sementara itu, seperti diketahui beberapa kelurahan di Kota Tangsel, masih terdapat PPTK yang berstatus Non PNS alias dijabat pegawai honorer. Seperti di Kelurahan Cireundeu, Cempaka Putih, Pisangan, dan beberapa kelurahan-kelurahan yang masih terdapat Non PNS.

"Sekretaris Kelurahan sebagian besar masih Non PNS, itu juga akan dituntaskan termasuk pengisian Kepala Seksi (Kasi), jadi ini sedang proses untuk hal tersebut. Akan ada segera untuk penetapannya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Camat Ciputat Timur, Widodo, Rabu (6/2/2019).

Widodo mengaku, prinsipnya pihaknya akan segera mengisi jabatan dengan status pegawai PNS. 

"Sebab mekanisme pengisian, pelantikan kan ada tahapannya. Badan Pertimbangan Kenaikan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) dulu kemudian personilnya yang seperti apa," pungkasnya. (ak)