Tangsel Bakal Punya 'Istana Hambalang', Sedot Anggaran Miliaran Tandon Nusaloka Menuju Mangkrak

Tangsel Bakal Punya 'Istana Hambalang', Sedot Anggaran Miliaran Tandon Nusaloka Menuju Mangkrak  ()

NONSTOPNEWS.ID - Tandon Nusa Loka di Jalan Ciater Raya, Serpong Tangsel terancam mangkrak seperti proyek Hambalang semasa era presiden SBY. Bagaimana tidak, proyek yang sudah dianggarkan berkali-kali, terhitung sudah 2 kali disuntik dana jumbo miliaran hingga kini belum ada kepastian penyelesaian.

Pantauan Nonstopnews.id, Kamis (23/5/2019), pintu gerbang proyek tersebut terkunci rapat. Ketika melongok kedalam, sepi dari aktivitas pekerja dan disisi bangunan banyak ditumbuhi rumput liar.

Proyek yang di gadang- gadang menjadi over flow Kali Ciater dikala puncak banjir dan sekaligus menjadi tujuan wisata baru di kota berjuluk Cmore itu dimulai tahun 2017 dengan menyerap anggaran APBD sebesar Rp.10 Miliar lewat dinas pekerjaan umum (PU).

Saat itu proyek tersebut dikerjakan oleh PT. Karya Tunas Mandiri Persada (KTMP),  sedangkan untuk tahap kedua dimenangkan oleh PT. Yasuba Dwi Perkasa (YDP) yang sempat tersiar kabar merupakan perusahan bermasalah, lantaran diduga mempunyai dua Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sama dengan PT SMR.

Nama PT. SMR sendiri pernah ikut masuk dalam daftar 10 perusahaan yang tersangkut dugaan kasus pencucian uang yang melibatkan Tubagus Chaery Wardhana atau Wawan, suami Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada tahun 2018, Pemkot kembali menggangarkan proyek lanjutan pembangunan Tandon Nusa Loka dengan menggelontorkan anggaran APBD sebesar Rp.6,25 miliar. Malah, berdasarkan informasi yang diterima Nonstopnews.id, pembangunan Tandon Nusaloka bakal kembali dianggarkan pada tahun 2019 dengan kucuran dana sebesar Rp. 6 Miliar.

Padahal, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Aries Kurniawan diberbagai kesempatan mengklaim pekerjaan Tandon Nusa Loka rampung pada Desember tahun 2018. Bahkan Aries begitu bangga karena proyek yang dikerjakan PU mendapat pengawalan Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Tangsel.

“Pendampingan TP4D terhadap OPD sukses membuat pelaksanaan kegiatan lebih cepat dan terarah,” kata Aries dikutip dari salah satu media online beberapa waktu lalu.

Namun, nyatanya proyek yang dikawal TP4D ini, sampai saat ini pembangunan proyek tersebut terlihat belum tampak penyelesaian.
Mungkinkah Tangsel bakal punya 'Istana Hambalang' ?. (AK)