Tamatan SMK Dominasi Pengangguran di Banten, Ini Kata Sekda

Tamatan SMK Dominasi Pengangguran di Banten, Ini Kata Sekda (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID - Jumlah pengangguran terbuka di Banten disebut berasal dari kalangan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Data itu dikeluarkan dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Meski jumlah pengangguran di Banten sekarang turun, tetapi Al Muktabar, Sekda Banten menyatakan, bahwa BPS menyebut secara nasional tetap tertinggi. Dia menerangkan, meski begitu saat ini Banten menjadi salah satu daerah tujuan pencari kerja.

Data yang dikeluarkan tentang pengangguran terbuka lulusan SMK, menurut dia apakah saat survei yang dilakukan BPS lulusan SMK dari luar daerah sedang mengadu nasib di Banten. Pemprov Banten kata dia mempertanyakan soal basis data pengangguran tamatan SMK.

“Kita sedang melihat bagaimana dengan basis datanya. Apakah saat survei di Banten sedang menerima kunjungan pencari kerja seluruh tamatan studi (SMK) Indonesia ingin mengadu nasib di sini (Banten, red). Apakah juga saat itu (survei) perguruan tinggi atau universitas baru saja melakukan wisuda,” ucap Sekda ditemui di salah satu hotel di Kota Tangsel, Senin (26/11/2019).

Dia melanjutkan, Pemprov Banten terus mendorong skema industrilisasi agar bisa menyerap tenaga kerja yang besar. Maka itu sekolah kejuruan juga sedang didorong, supaya link match SMK dan industri bisa saling membutuhkan.

“Dan konsentrasi kita (linkmatch) nanti ke arah sana. Bahwa upaya basis pendidikan kejuruan akan konsentrasi supaya menyerap lulusan SMK. Begitu juga dengan program nasional, nanti juga akan menjadi salah satu basis untuk menyerap tenaga kerja di Banten,” tukas Sekda. (pm/red)