Suami Banyak Karaoke Malam, Tahun 2018 Janda di Tangerang Meningkat 

Suami Banyak Karaoke Malam, Tahun 2018 Janda di Tangerang Meningkat  ()

TIGARAKSA - Pengadilan Agama Tigaraksa, Kabupaten Tangerang menyebut jumlah perceraian di tahun 2018 sampai bulan November meningkat. 

Data pengadilan mencatat terjadi 6.693 perkara perceraian. Jumlah tersebut bahkan telah melampaui tahun 2017 yang sebesar 6.225 perkara. Bahkan data tersebut bisa bertambah sampai Desember. 

"Akhir Desember bisa mencapai 7 ribuan angka perceraian," ujar Humas Pengadilan Agama Tigaraksa Jaenudin, Senin (19/11/2018).

Ditanya lebih lanjut tentang sebab  perceraian, Jaenudin mengatakan antara lain faktornya adalah perselisihan, ekonomi sampai gangguan pihak orang ketiga.

"Faktornya perselisihan, ekonomi sampai kekerasan fisik dan gangguan pihak ketiga," jelasnya. 

Tambahnya, model perkara bersifat gugatan (kontensus), namun ada perkara juga yang bersifat permohonan (volenter). Berdasarkan catatannya, perceraian lebih banyak diajukan oleh pihak istri.

"Data 5 tahun sebelumnya, kebanyakan  yang melakukan gugatan perceraian dari pihak  istri," tambahnya. 

Pengadilan Agama juga dalam menangani perkara perceraian, pihaknya lebih menekankan untuk mendamaikan kedua belah pihak, artinya berusaha mencegah perceraian itu tidak terjadi.

Sementara itu, Lisa (bukan nama sebenarnya) ditemui, Senin (19/11/2018), saat mengajukan gugatan cerai kepada suaminya mengatakan, dirinya memilih bercerai dari pada nafkah yang diharapkan jarang diterima. 

"Mending sendiri aja Mas, ketauan. Sebab saya pengen cerai, duitnya ga pernah pulang, habis buat hiburan nyanyi di dunia malam," ujarnya. (red)