Soal Pengangguran, Wakil Ketua DPRD Banten Minta Pemprov Perbanyak SMK Di Kawasan Industri

Soal Pengangguran, Wakil Ketua DPRD Banten Minta Pemprov Perbanyak SMK Di Kawasan Industri (Wakil Ketua DPRD Banten, Nawa Said Dimyati (mn-nonstopnews.id))

NONSTOPNEWS.ID - Wakil Ketua DPRD Banten Nawa Said Dimyati mendorong pembangunan SMK Negeri di wilayah industri yang ada di Kabupaten Tangerang.

Hal itu menyusul banyaknya aspirasi warga yang datang saat reses anggota DPRD Banten di wilayah industri di wilayah Kecamatan Pasar Kemis, Cikupa dan Curug.

“Pembangunan SMK Negeri sedang didorong bahkan slotnya sudah masuk APBD Banten 2020,” ujar M. Nawa Said Dimyati, Kamis (20/11/19).

Menurut Nawa, keberadaan SMK Negeri sangat dibutuhkan. Khususnya di wilayah industri. Agar bisa mengentaskan pengangguran di wilayah Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang.

“Pendidikan adalah prioritas program RPJMD Provinsi Banten dan tentu keberadaan SMK Negeri sangatlah penting,” ujar politisi Demokrat ini.

Pria yang akrab disapa Caknawa ini menjelaskan, beberapa penyebab pengangguran karena iklim investasi yang dulu Banten diminati saat cenderung ditinggalkan. 

“Investor lebih melirik Jawa Tengah dan Jawa Barat,” katanya.

Faktor pengupahan yang relatif tinggi juga menjadi pemicu selain aspek kurang ramahnya pemerintah daerah. 

“Realitas ini harus diatasi oleh pemerintah kota dan kabupaten se Banten. Dan keberadaan SMK Negeri di wilayah industri salah satu solusinya,” tukasnya.

Perlu ketahui, dari data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten sampai pada bulan Agustus 2019, terdapat sekitar 491.000 orang menganggur. (mn)