Sisir Puskesmas dan Labkesda, Sekda Maesyal Ingin Protokol Kesehatan Ga Pake Kendor

Sisir Puskesmas dan Labkesda, Sekda Maesyal Ingin Protokol Kesehatan Ga Pake Kendor (Ans-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Tak ingin pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar atau PSBB lanjutan kendor, Sekertaris Daerah Kabupaten Tangerang Mochamad Maesal Rasyid sisir penerapan PSBB dan protokol Kesehatan di Puskesmas Curug dan Puskesmas Cikupa, Rabu, (15/7/20).

Dalam kunjungannya orang nomor tiga di Kabupaten Tangerang datang langsung dan mengecek bagaiman protokol kesehatan diterapkan di kedua puskesmas tersebut.

Di Puskesmas Curug Rudy Maesal panggilan akrabnya langsung menyisir dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang hendak melakukan berobat atau pelayanan.

Mulai dari lokasi cuci tangan didepan gerbang, hingga prosedur pendaftaran serta antrian penanganan oleh para dokter menjadi salah satu area yang disisir oleh sang Sekda.

Tidak hanya melihat area pelayanan, Sekda juga melihat setiap ruangan pelayanan dan petugas medis beserta kelengkapan alat pelindung diri yang dikenakan.

Ruang bersalin dan ruang rawat inap di Puskesmas Curug berserta ruang konseling pelayanan HIV Aids menjadi yang disasarnya.

Hal serupa juga saat meninjau Puskesmas Cikupa, tidak berhenti pada pelaksanaan penerapan protokol kesehatan, sekda juga melihat kondisi toilet puskesmas yang bagaimana tingkat kebersihan dan kelayakannya.

Menurut Mochamad Maesal Rasyid, monitoring di tingkat puskesmas terlihat dengan jelas bagaimana penerapan protokol kesehatan yang dijalankan, dimana jaga jarak dan antrian ditata dengan maksimal.

" Karena puskesmas menjadi bagian yang bersinggungan langsung dengan pelayanan kesehatan, maka protokol kesehatan Covid19 harus benar benar terjaga pelaksanaan," terangnya.

Diakui Sekda, APD dan jaga jarak menjadi keharusan tim kesehatan dalam menjalankan tugas, dibarengi dengan pelayanan maksimal tetap harus terjaga meski dalam kondisi Pandemi Corona.

" Meski kondisi kita dalam keadaan anomali akibat pandemi Covid19, namun kita punya kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan tetap dengan protokol kesehatan Covid19 yang diharuskan," tegasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Curug Bulan Tombing mengatakan, akan melaksanakan perintah pimpinan berkaitan dengan evaluasi dan masukan yang di berikan pada jajarannya.

" Kita berterimakasih, atas masukan dan arahan juga evaluasi yang disampaikan pimpinan sehingga menjadi motivasi bagi jajarannya untuk bekerja lebih baik lagi," paparnya.

Tidak hanya meninjau dua puskesmas tersebut, Sekertaris Daerah Kabupaten Tangerang juga mendatangi UPT Publik Sefety Center atau PSC yang berlokasi di bekas Kantor Kecamatan Cikupa atau Jalan Raya Jakarta Kecamatan Cikupa.

Disini Sekda melihat langsung bagaimana pengoperasian panggilan kedaruratan yang diminta oleh masyarakat berkaitan dengan layanan kesehatan.

" Disini setiap hari terdapat petugas mulai dari tim dokter dan operator serta petugas ambulance yang bakal membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan berkaitan dengan rujukan penangan pelayanan kesehatan di rumah sakit," paparnya.

Menurutnya keberadaan tim dokter jaga dan petugas medis lainnya juga tim ambulance akan membantu warga yang membutuhkan pertolongan penangan kesehatan.

" Tugasnya jelas, ketika ada panggilan petugas meluncur secara lengkap mulai dokter dan tim medis, warga akan mendapat penanganan dini, apakah bisa dirujuk atau diselesaikan dengan tim kesehatan yang dari PSC," terangnya.

Usia monitoring di PSC, monitoring dilanjutkan di Laboratorium Kesehatan Daerah, yang berlokasi di Jalan Raya Jakarta Cikupa Tangerang, Sekda melihat langsung bagaimana kondisi laboratorium milik Pemerintah tersebut.

Labkesda menurut Sekda, sudah bersertifikasi nasional dan memiliki ISO pelayanan, sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan untuk uji sampel darah, bahkan Labkesda juga bakal menjadi laboratorium untuk pemeriksaan hasil Swab Covid19.

" Selain kita memiliki laboratorium yang di RSUD Tangerang, kita juga mengoperasikan Labkesda yang memiliki peranan yang sama, termasuk untuk mengetahui hasil test swab Covid nanti bisa dilakukan disini, saat ini sudah bisa juga dilakukan pemeriksaan narkoba di Labkesda," pungkasnya. (ans)