Siap-siap, Liburan Natal dan Tahun Baru Ruas Tol Batang-Semarang Gratis

Siap-siap, Liburan Natal dan Tahun Baru Ruas Tol Batang-Semarang Gratis ()

JAKARTA - Ruas Tol Batang-Semarang akan digratiskan pada masa liburan natal dan tahun baru. Tepatnya, mulai 20 Desember 2018.

Demikian diungkapkan Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur. Kata dia, tol gratis yang akan dibuka 20 Desember mendatang adalah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali)-Kartasura.

Lalu, Wilangan (Nganjuk)-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo (Grati). Nantinya, soal tarif tol-tol baru ini, dia belum bisa mengungkapkan karena menunggu keputusan pemerintah. Kemudian, Tol Trans Jawa, dari Merak Banten hingga Pasuruan Jawa Timur, ucap Subakti sudah bisa digunakan sepenuhnya saat liburan Natal dan Tahun 2019. Lalu, berapa biaya yang harusdikeluarkan untuk menyusuri tol tersebut?

Jelas Subakti, total panjang tol Trans Jawa tersebut 901,03 km. Tol ini dioperasikan oleh beberapa badan usaha jalan tol (BUJT). Subakti mengatakan, tarif untuk kendaraan golongan I dari Tol Jakarta-Cikampek hingga Pasuruan ialah Rp 512 ribu.

"Total tarifnya Rp 512 ribu golongan I. Jadi itu Jakarta-Cikampek sampai dengan Pasuruan," paparnya di Jakarta, Selasa (18/12/2018), pada wartawan.

Sementara, jika disambung sampai Merak maka total biayanya Rp 575 ribu.

"Kalau tambah Tangerang Merak Rp 575 ribu," tandasnya.

Ia menyatakan, tarif tersebut belum memasukkan beberapa ruas tol yang berfungsi secara fungsional. Sebab, tol itu belum dikenakan tarif. Selanjutnya, dia menambahkan, untuk Jakarta-Cikampek-Pasuruan tarifnya Rp 512 ribu.

"Tapi, kalau Merak Rp 575 ribu sebelum diberlakukan tarif yang tadi," tutupnya. (red)