Setelah Diminta Airin, Jokowi Bicara Rute MRT Hingga Tangerang Selatan

Setelah Diminta Airin, Jokowi Bicara Rute MRT Hingga Tangerang Selatan (Istimewa)

JAKARTA - Setelah sebelumnya, melalui Direktur Keuangan PT MRT Jakarta, Tuhiyat yang mengatakan bahwa perpanjangan trayek mass rapid transit (MRT) diminta langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Kini, seperti dilansir dari Detik.com, Presiden Jokowi mengemukakan soal rencana perpanjangan jalur MRT Jakarta hingga ke Tangsel yang akan dibangun dari Balaraja hingga Tangsel.

"Nanti dari Balaraja sampai Tangerang Selatan, tapi belum diputuskan," ujar Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018). 

Bukan hanya rute Balaraja-Tangsel, pembangunan MRT Jakarta tahap kedua juga akan dimulai dengan menghubungkan Bundaran HI hingga Kampung Bandan.

"Diharapkan tahap kedua, HI sampai Ancol dimulai tahun depan plus paralel yang east-west-nya dimulai tahun depan," tutur Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, kajian MRT sampai Tangsel masih dibahas soal studi kelayakan dan pembiayaan.  Badan Pengelola Transportaai Jakarta (BPTJ) sendiri telah memberi usulan jalur mana yang akan dilewati untuk rute ini. 

Di dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), awalnya perpanjangan dimulai dari stasiun terakhir di Lebak Bulus hingga menuju ke Pondok Cabe, Tangerang Selatan. 

Rencananya urutan rute MRT Jakarta perpanjangan jalur ke Tangerang Selatan yang diusulkan BPTJ adalah sebagai berikut :
1. Lebak Bulus
2. Stasiun UMJ
3. Stasiun UIN Syarif Hidayatullah
4. Stasiun Pasar Ciputat
5. Stasiun Pustekkom
6. Stasiun Pondok Cabe
7. Stasiun Pamulang Barat
8. Stasiun Pondok Benda
9. Stasiun Babakan
10. Stasiun Puspitek
11. Stasiun Rawa Buntu
12. Tangerang Kota.
(ak)