Selama 2019 Angka Kecelakaan Kerja Menurun

Selama 2019 Angka Kecelakaan Kerja Menurun ()

NONSTOPNEWS.ID - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan kecelakaan kerja mengalami penurunan selama 2019. Pada 2018, katanya, telah terjadi 157.313 kasus kecelakaan kerja, sementara sepanjang Januari hingga September 2019 terdapat 130.923 kasus.

“Hal ini menunjukkan terjadinya penurunan kasus kecelakaan kerja sebesar 26.40%,” kata Ida dalam acara Bulan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2020, sekaligus memperingati Hari K3 Nasional di Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Minggu (12/1/2020).

Meski angka kecelakaan kerja menurun, Ida menyebut masih ada tantangan, yakni tingkat pendidikan rendah. Ia mengatakan, dari total penduduk bekerja yang berjumlah 126,51 juta orang, sebanyak 57,5 persen di antaranya berpendidikan rendah.

“Hal ini berpotensi menyebabkan rendahnya kesadaran pentingnya perilaku selamat dalam bekerja. Kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM) dan indeks pembangunan ketenagakerjaan (IPK),” jelasnya.

Untuk itu, katanya, pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat, untuk terus meningkatkan pengawasan dan penyadaran akan pentingnya K3.

“Jangan sampai problem K3 hanya diingat dan dibahas saat terjadi kasus kecelakaan atau musibah di tempat kerja. Jangan sampai problem K3 baru mendapat perhatian saat korban berjatuhan. Jangan sampai kita baru peduli soal K3 ketika ada gugatan dari masyarakat atau keluarga korban,” tegasnya. (atm/red)