Sekda Bubarkan Pelaku UMKM Antri Bantuan, Pemkab Tangerang Siapkan Aplikasi Pendaftaran Secara Online BPUM

Sekda Bubarkan Pelaku UMKM Antri Bantuan, Pemkab Tangerang Siapkan Aplikasi Pendaftaran Secara Online BPUM (Ans/nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid terjun langsung bubarkan pelaku UMKM yang berkerumun di Dinas Koperasi di Gedung Usaha Daerah (GUD) Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Selasa (20/10/2020).

Banyaknya pelaku UMKM yang berkerumun tersebut hendak mendaftar Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM kepada pelaku usaha mikro untuk menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi Covid-19 senilai Rp2,4 juta.

Program BPUM ini merupakan dana hibah dan bukan pinjaman ataupun kredit sehingga penerima BLT UMKM tidak dipungut biaya apa pun dalam proses penyaluran.

" Untuk memudahkan pelayanan pendataan BPUM Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah menyiapkan pelayanan pendaftaran online agar masyarakat walaupun dirumah dapat mendaftarkan usahanya tidak perlu datang ke Dinas Koperasi," jelas Sekda saat membubarkan pelaku UMKM yang berkerumun

"Kita Sudah disiapkan Pendaftaran Online secara mudah, melalui Link http://tiny.cc/yl20tz agar tidak usah repot-repot datang ke Kantor Dinas," tutur Sekda yang akrab disapa Rudi Maesyal di hadapan warga yang berkerumun.

Dimasa pandemi virus Corona atau COVID-19, Lanjut Sekda, masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan untuk itu kami siapkan alternatif yang mudah dan tidak ada lagi kerumunan di kantor Pemkab Tangerang.

"Kami harapkan masyarakat memahami kondisi saat ini, pandemi belum berakhir untuk itu silahkan mengakses dengan mudah dan praktis," tegas Sekda

BPUM terus mendapatkan respon dari pelaku UMKM Kabupaten Tangerang, Saat ini warga masih ada yang belum paham dan mendatangi kekantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro di Gedung Usaha Darah.

Kadis Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Nurul Hayati menambahkan Saat ini sudah banyak yang masuk mandaftar secara online, hingga saat ini sudah sekitar kurang lebih 600 yang sudah masuk mendaftar," Jelas Kadis Koperasi

Nurul Hayati menambahkan untuk mendaftarkan bantuan BPUM di Kabupaten Tangerang cukup mengakses secara online link diatas agar tidak terjadi kerumunan dan mencegah penyebaran COVID-19.

" Sekali lagi masyarakat dapat mendaftar langsung ke http:tiny.cc/yl20tz agar secara online memudahkan masyarakat, dan nantinya kita verifikasi dan diserahkan pemerintah kepusat" ungkap Nurul.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi Yeni Yuliawati mengatakan BPUM terus kita buka pendaftarannya hingga tanggal 24 oktober 2020 secara online untuk mempermudah masyarakat, hingga saat ini pukul 12.35 WIB dibukanya pendaftaran sedah masuk sekitar 2.128 pelaku usaha mikro yang mendaftar.

" Hingga saat ini kita terus membuka pemdaftaran secara online, dan natinya kita verifikasi data faktual pendaftar," jelasnya.

Pemerintah Daerah hanya sebatas mendata dan yang akan merealisasikan pemerintah pusat, data yang sudah kita verifikasi akan kita kirim ke Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat melalui link data yang sudah sesuai Virifikasi dan falidasi faktual.

" Nanti setelah selesai kita kirim datanya ke Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Koperasi dan UKM," kata Yeni menjelaskan.

Caranya setelah membuka link, masukan Nama lengkap, Jenis Usaha, NIK KTP, Alamat Rumah, Alamat Usaha, Kecamatan, Nomor HP Aktif Whatsup, Nomor Rekening BRI, Foto Usaha di Upload, Foto KTP diUpload dan Foto Kartu Keluarga diupload lanjut. (ANS)