Sedot Anggaran 5,7 M, Dominos Pizza Disulap Jadi Tandon Nusa Loka

Sedot Anggaran 5,7 M, Dominos Pizza Disulap Jadi Tandon Nusa Loka (Nonstopnews.id)

TANGSEL - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel, membangun pengendali banjir yang diberi nama Tandon Nusa Loka. Nantinya, selain tandon, akan tersedia gedung perpustakaan, dan wahana rekreasi dengan lahan parkir yang cukup luas. 

Hal tersebut dijelaskan, Kepala Bidang Sumber Daya Air, DPU Kota Tangsel, Aji Awan saat menggelar konferensi pers, dengan beberapa wartawan.

"Tandon Nusa Loka, yang terletal di Ciater, selain menjadi pengendali banjir, disana pun tersedia Gedung Perpustakaan, untuk warga yang datang," kata Aji Awan menjawab pertanyaan wartawan, Jumat (9/11/2018).

Aji menambahkan, Tandon yang akan selesai pada November 2018 tersebut, digadang-gadang menjadi 'wadah' resapan air dari berbagai jalur. Seperti saluran Perumahan Ciater Permai, saluran yang melalui Kelurahan Mekar Jaya, dan beberapa blok saluran lainnya.

"Jadi dari (Perumahan) Ciater Permai itu lebar salurannya 1,5 meter, dari kelurahan (Mekar Jaya) juga ukurannya segitu, tapi saat masuk blok (saluran) Tandon Nusa Loka, sudah dilebarkan menjadi 2 meter. Makanya itu berfungsi juga untuk mencegah banjir," tegas Aji.

Di lokasi yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPU, Aries Kurniawan menyatakan, Tandon Nusa Loka tersebut dibangun menggunakan anggaran belanja daerah sebesar Rp. 5,7 Miliar.

"Anggaran Tandon Nusa Loka itu 5,7 Miliar. Didalamnya terdapat Gedung Perpustakaan dan bangunan parkir, sebagai bentuk pembangunan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," kata Aries.

Di lokasi Tandon Nusa Loka, salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, sebelum menjadi  tandon, lokasi tersebut pernah ditempati restoran cepat saji, Dominos Pizza.

"Dulu itu ada Dominos Pizza mas. Sekarang dibangun sama Pemda jadi waduk," katanya.  (ak)