Sadar Keamanan Pangan, Puluhan Pengusaha di Tangsel Ikuti Penyuluhan Keamanan Pangan

Sadar Keamanan Pangan, Puluhan Pengusaha di Tangsel Ikuti Penyuluhan Keamanan Pangan (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Program Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diikuti oleh puluhan pengusaha kecil.

Kepala Seksi Farmasi dan Alat Kesehatan (Farmalkes) pada Dinkes Kota Tangsel Indra Gunawan menyatakan, pembekalan pada PKP yang digelar dimaksudkan agar para pemilik usaha mengutamakan higiene dan keamanan pangan.

"Maksud dan tujuan kegiatan PKP ini adalah unuk memberikan pembekalan kepada para pengusaha makanan dan minuman, sehingga saat memproduksi pangan, kondisi makanan dan minuman tersebut dalam keadaan higiene dan aman untuk dikonsumsi," kata Indra saat memberikan sambutan dan pengarahan PKP, di Aula Farmasi, Selasa (23/4/2019).

Dalam pemaparannya, beberapa hal dapat mengkontaminasi makanan dan minuman, baik dari para pekerja, hewan, lingkungan dan hal-hal yang berkaitan dengan produksi.

"Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi keamanan pangan dari kontaminasi. Pekerja, hewan, lingkungan, dan hal-hal lain saat melakukan proses produksi. Oleh sebab itu, para pelaku usaha perlu diberikan pemahaman agar pangan yang dihasilkan bebas dari bakteri atau hal-hal yang dapat mengkontaminasi," tuturnya.

"Para pelaku usaha perlu mengingatkan para pekerjanya, agar mencuci tangan, membersihkan kuku, jari, dan kulit," tambahnya.

Salah seorang pelaku usaha, Wawan menyatakan dirinya sangat perlu mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, pembekalan yang dilakukan oleh Dinkes Tangsel, menambah pemahaman agar makanan dan minuman dapat disediakan secara steril.

"Penting banget ikut kegiatan seperti ini. Kita jadi tau, bahwa keamanan pangan sangat perlu dilakukan, ya untuk memuaskan keinginan pelanggan saya juga," tandasnya. (Ak)