RSUD Balaraja Raih Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik dari Menpan RB

RSUD Balaraja Raih Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik dari Menpan RB
RSUD Balaraja Raih Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik dari Menpan RB
()

NONSTOPNEWS.ID - RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang ditetapkan sebagai pelayanan publik terbaik di wilayah oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). RSUD Balaraja memperoleh nilai sangat baik atas kinerjanya dalam pelayanan publik di bidang pelayanan kesehatan. 

Atas prestasi tersebut, Menteri Pendayagunaan Apatatur Negara dan RB RI Tjajoh Kumolo menyerahkan penghargaan pelayanan publik secara Iangsung kepada Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, di Hotel Aston Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/11 2019). 

Penghargaan pelayanan publik yang di raih pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal ini OPD RSUD Balaraja merupakan hasil evaluasi kinerja unit penyelenggaraan pelayanan publik dari Menpan RB RI pada tahun 2019. 

Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota yang telah ditetapkan sebagai pelayanan publik terbaik dan pelayanan prima. Untuk mendapatkan pe|ayanan publik yang maksimal ini perlu kerja keras bagi setiap pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten/Kota. 

"Semoga menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan pelayanan publik. Mudahan hasil dan evaluasi pelayanan publik ini bisa berproses reformasi berokrasi," ujar Tjahjo Kumolo.

Perkembangan pelayanan publik ini sangat luar biasa. Karena itu aspirasi masyarakat wajib di laksanakan oleh OPD sampai ke ke kecamatan dan tingkat desa. Percepatan reformasi menjadi sebuah kebutuhan karena visi misi presiden dan wakil presiden RI  2019-2024. 

"Kita harus memposisikan sebagai pelayanan publik, bekerja dengan jelas, bekerja berorintasi hasil, sehingga publik merasa puas dengan hasil kerja pemerintah," terang mantan Mendagri ini.

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli yang di jumpai dilokasi mengaku sangat bersyukur atas di capaian Pemkab Tangerang melalui OPD RSUD Balaraja memperoleh sangat baik. 

"Penghargaan ini bisa menjadikan motivasi untuk OPD Iain di Kabupaten Tangerang dalam meningkatkan pelayanan publik, begitu juga rumah sakit Iain yang dimiliki kabupaten Tangerang seperti Rumah Sakit Tangerang dan Rumah Sakit Pakuhaji bisa meningkatkan pelayanan publik,” ujar Mad Romli. 

Penghargaan yang diberikan oleh Menpan RB kata Mad Romli, mudah-mudahan tahun berikutnya jadi kategori pelayanan prima. 

"Saya harap tahun berikutnya ada satu peningkatan penghargaan jadi A yaitu kategori pelayanan prima, sesuai standar dari Menpan RB," harap Mad Romli. 
 
Direktur RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang dr Reniati, mengucapkan alhmdulilah pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja mendapatkan penghargaan peringkat A pelayanan sangat baik, yang tahun sebelumnya mendapatkan penghargaan baik (B). 

Reniati melanjutkan bahwa Rumah sakit umum balaraja selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan di tambah aplikasi yang dibangun yaitu Si Jempol. Aplikasi Jempol ini sudah banyak ragam yang di Iayani dari pendaftaran, kamar rawat inap yang kosong dan dokter spesialis yang hadir di rumah sakit. 

"Aplikasi yang kita bangun Si Jempol I dan Si Awak Cager untuk BPJS sangat membantu masyarakat Kab Tangerang untuk pendaftaran melalui online," kata Reniati  

Reniati mengakui, bahwa penghargaan ini bukan sebagai titik akhir dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat, melainkan sebagai batu loncatan dalam bekerja dengan sepenuh hati.

"Kita Berupaya untuk menjalankan  palayanan sesuai standar Akreditasi & meningkatkan kepuasan masyarakat dengan cara meningkatkankan mutu dan kompetensi SDM (paling penting) & melengkapi sarana prasarana yang diperlukan," paparnya.

Menurutnya, selain meningkatkan pelayanan RSUD Balaraja juga terus berupaya meningkatkan kualitas SDM  dan peningkatan kualitas peralatan layanan.

"Kedepan Jajaran RS harus mempunyai kemampuan atau skill dan kompetensi yang baik juga mempunyai kelengkapan sarana penunjang pelayanan yang lengkap, terlebih lagi kemampuan komunikasi dengan masyarakat," pungkasnya. (mn)