Rotasi Jabatan, Banten Bakal Naik Jadi Polda Tipe A

Rotasi Jabatan, Banten Bakal Naik Jadi Polda Tipe A ()

BANTEN - Kepolisian Republik Indonesia merotasi sejumlah perwira tingginya, salah satunya Kapolda Banten, Brigjen Teddy Minahasa Putra menjadi Wakapolda Lampung menggantikan Brigjen Angesta Romano.

Teddy sendiri diketahui baru menjabat Kapolda Banten kurang dari tiga bulan sejak dilantik pada 21 Agustus 2018 lalu.

Pengumuman rotasi jabatan itu tertuang di dalam telegram Kapolri bernomor ST/2947/XI/KEP/2018 tertanggal 17 November 2018 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Eko Indra Heri.

Selanjutnya, Angesta Romano diangkat menjadi Kepala Biro Kebijakan Strategis pada Deputi Perencanaan Anggaran Mabes Polri.

Selanjutnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengangkat Brigjen Tomsi Tohir untuk menduduki posisi baru sebagai Kapolda Banten.

Rotasi di tubuh Polri ini tidak hanya dialami puluhan perwira tinggi, namun juga menyasar para perwira menengah.

Rotasi ini dilakukan dalam rangka peningkatan status Polda Banten dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari tipe B ke tipe A, dimana Polda tersebut akan dipimpin seorang perwira tinggi bintang dua atau dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi.

“Mutasi tersebut dalam rangka peningkatan tipologi Polda DIY dan Polda Banten, dari Tipe B menjadi Tipe A, yang akan dipimpin oleh Kapolda dengan pangkat Jenderal bintang dua. Rencana pengukuhan akan dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Karopenmas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo.(ak/red)