Ribuan Nakes di Banten Tak Bisa Divaksin, Kenapa?

Ribuan Nakes di Banten Tak Bisa Divaksin, Kenapa? (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Wacana pemberian vaksin terhadap nakes di Indonesia telah dipersiapkan oleh Pemprov Banten. Sebanyak 40 ribu nakes direncanakan akan divaksin, namun 4000 nakes diketahui tidak bisa divaksin.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy saat meninjau vaksin tahap pertama yang diperuntukkan kepada tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan melawan persebaran virus covid-19. (3/2)

Andika menyebutkan bahwa rencana oelaksanaan akan digelar 14 Januari mendatang.

“Rencana pelaksanaannya sebelumnya tanggal 25 Januari, tetapi Pak Jokowi menginginkan agar dimajukan ke tanggal 14 Januari,” ucapnya.

Dia menuturkan, hampir 90 persen nakes sudah mendaftarkan diri. Namun, ada beberapa yang tidak memenuhi kriteria untuk divaksin.

“Kurang lebih ada 40 ribu dari 41 ribu orang. Hanya sekitar 36.000 yang memenuhi persyaratan, sementara 4.000 sisanya tidak bisa dilakukan karena mempunyai penyakit penyerta,” jelasnya.

Sementara itu, vaksinasi untuk aparat akan dilakukan pada tahap kedua, yaitu bulan Februari, dan untuk masyarakat akan dilakukan pada tahap ketiga, yaitu bulan Maret. (red)