Resmikan Sanitren, Bupati Zaki Buktikan Sayang Pesantren

Resmikan Sanitren, Bupati Zaki Buktikan Sayang Pesantren ()

NONSTOPNEWS.ID - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan secara simbolis Sanitasi Berbasis Pesantren (SANITREN) yang di laksanakan di Pondok Pesantren As-sanusiyah Cisoka Kabupaten Tangerang, Rabu (13/02/19). 

Ini merupakan bagian dari 15 program unggulan pemkab Tangerang dalam periode kedua bupati Zaki. Total yang diresmikan hari ini terdapat 46 sanitren. 

Zaki mengatakan, program ini membutuhkan partisipasi dan peran aktif dari semua masyarakat sehingga tujuan dan sasaran pembangunan yang muaranya kepada peningkatan kualitas pelayanan umum dibidang sanitasi dan air bersih dapat diwujudkan.

"Saya berharap program Sanitren ini, tentunya dapat meningkatkan kualitas belajar-mengajar yang diselenggarakan oleh pondok pesantren," katanya. 

Zaki juga berjanji tahun 2019 program Sanitren berlanjut memberikan bantuan sampai 150 diberbagai ponpes. 

"InsyaAllah program ini akan terus ditingkatkan hingga 2019. Nanti terdapat 150 pondok pesantren di semua wilayah Kabupaten Tangerang," ungkapnya. 

Zaki berharap, fasilitas yang diberikan dapat terus dijaga dan terpelihara agar dapat terus memberikan banyak manfaat kepada santri-santri calon generasi penerus. 

Dalam kesempatan sama, Yani Sutisna selaku Plt. Kepala Bappeda, mengatakan program Sanitren di Cisoka ini sudah dilakukan pembangunannya pada tahun 2018 lalu.  

"Pada tahun 2018 telah dibangun sebanyak 46 unit dan pada tahun ini 2019 akan dibangun sekitar 150 unit," ujar Yani. 

Yani menambahkan, sebagai program unggulan yang tertuang dalam RPJMD, maka dari itu Pemkab Tangerang mengambil inisiatif untuk membangun sanitasi berbasis pesantren yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan para santri yang belajar di ponpes. 

"Tahun 2022, target seluruh pesantren di kab Tangerang sudah masuk semua program Sanitren," pungkasnya. (Kominfo)