Punya Duit 5,3 Triliun, Ini 15 Program Unggulan Zaki Tahun 2019

Punya Duit 5,3 Triliun, Ini 15 Program Unggulan Zaki Tahun 2019 (Nonstopnews.id)

KARAWACI - Terungkap dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023, bahwa Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memastikan 15 Program unggulan untuk lima tahun ke depan tetap menjadi prioritas pembangunannya.

Dengan modal Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 sebesar Rp 5,3 triliun, Zaki optimis program tersebut tercapai.

"Dimana itu semua diimplementasikan dalam 15 Program unggulan yang harus ditunaikan dalam lima tahun ke depan," kata Zaki, Selasa (18/12/2018).

Kelima belas program itu adalah Tangerang Religius, Tangerang Tangguh, Tangerang Mapan, Tangerang Tangkas , Tangerang Mantap dan Tangerang Kreatif.

Zaki menjelaskan Tangerang Religius, adalah program oeningkatan dan pengamalan nilai keagamaan. Juga program Sanitren atau Sanitasi Pondok Pesantren. Tangerang Tangguh ada program Ayo Sekolah yang diimplementasikan dalam pemerataan dalam pelayanan pendidikan, Gerakan Tangerang Sehat, seperti pelayanan kesehatan berkualitas.

"Kita juga memiliki program Mabuga atau Masyarakat Bugar serta program Sayang Barusan atau lebih dikenal dalam Kabupaten Layak Anak," terangnya.

Di program unggulan Tangerang Mapan ada tiga program diantaranya Tangerang Berdaulat Pangan, dimana kebutuhan pangan masyarakat tercukupi, program berikutnya Gerbang Mapan atau Gerakan Pembangunan Masyarakat.

"Tidak kalah penting adalah adanya program Gebrakan Sipintar, dimana gerakan ini masyarakat kita ajak untuk melek huruf dan pengayaan pengetahuan," ujarnya.

Program unggulan berikutnya adalah Tangerang Tangkas, terdiri dari optimalisasi manajemen dan pemanfaatan aset daerah.

"Gebrak Pakumis Plus atau Gerakan Bersama Rakyat atasi kawasan padat kumuh miskin kembali dilanjutkan, diikuti program Kiprah atau Kita Peduli Permasalahan Sampah,  pengelolaan sumber-sumber air baku dan penanggulangan banjir, dan program Tangerang bebas macet," paparnya.

Sedangkan untuk anak muda berjiwa kreatif, Zaki memastikan mengakomodir kepentingan tersebut dalam program Tangerang Kreatif.

"Nantinya kita akan melahirkan ekonomi kreatif dalam setiap wilayah baik kelurahan maupun kecamatan," pungkasnya. (*/red)