Puluhan Caleg Petahana Terjungkal, Pengamat : Masyarakat Tangsel Inginkan Perubahan

Puluhan Caleg Petahana Terjungkal, Pengamat : Masyarakat Tangsel Inginkan Perubahan (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID - Prediksi calon legislatif (Caleg) yang bakal menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan mulai beredar. Dari prediksi tersebut, sedikitnya 30 anggota DPRD Tangsel yang kembali mencalonkan gagal melenggang ke badan legislatif Kota Tangsel.

Namun, ada beberapa pula wajah baru yang akan menghiasi kancah penentu kebijakan, untuk memenuhi keinginan masyarakat di kota bertajuk Cerdas Modern dan Religius (Cmore).

Menanggapi fenomena tersebut, Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Zaki Mubarok menyatakan, dengan tidak terpilihnya para anggota DPRD Petahana, sebagai bentuk masyarakat yang melek akan perubahan.

"Itu (Caleg Petahana tak terpilih) dapat diartikan bahwa masyarakat kurang puas dengan kinerja legislatif sebelumnya. Mereka menghendaki perubahan. Akibatnya banyak petahana yang terjungkal," kata Zaki kepada Nonstopnews.id, Minggu (12/5/2019).

"Sudah waktunya bagi parpol-parpol untuk mengevaluasi kinerja anggota legislatifnya, supaya lebih aspiratif dan efektif," katanya lagi.

Zaki menambahkan, kekuatan media pun menjadi bahan pertimbangan, agar masyarakat lebih tahu pilihan para wakilnya. Terlebih gencarnya pemberitaan terkait lemahnya kinerja para anggota DPRD Tangsel.

"Bisa jadi 'news effect' juga berpengaruh. Selama ini gencar media memberitakan soal kinerja legislasi yang tidak produktif, misalnya pembahasan Perda-perda, lebih banyak kunjungan dan studi banding yang dari segi akuntabilitas kurang," tambahnya.

"Dana silpa yang masih tinggi dan sebagainya. Jadi diharapkan, kedepan para anggota dewan memiliki media yang efektif untuk melaporkan capaian dan prestasi kinerjanya lebih transparan, sehingga masyarakat well informed dan bisa memberikan penilaian. Sayang sekali kalo ada anggota DPRD yang kinerjanya bagus, kredible, tapi kurang mensosialisasikan hasil-hasilnya, sehingga dia tidak terpilih. Mereka bisa memanfaatkan media untuk berkomunikasi dengan masyarakat," pungkasnya.

Dalam prediksi yang beredar, nampak Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) besutan Surya Paloh tak mendapatkan kursi satu pun pada DPRD Kota Tangsel. Bahkan, Partai PAN, Demokrat dan Hanura hanya 1 Caleg Petahana yang lolos. (Ak)