Publik Tangsel Bikin Petisi Bantu Rumini Bongkar Pungli

Publik Tangsel Bikin Petisi Bantu Rumini Bongkar Pungli (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Diduga mendapatkan intimidasi, Rumini guru honorer yang mencoba membongkar dugaan praktik pungli di SDN 02 Pondok Pucung, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kini mendapatkan dukungan dengan penandatanganan petisi 'Bantu Rumini Bongkar Praktik Pungli'.

Petisi tersebar di media soaial dengan link https://www.change.org/p/joko-widodo-stop-pungli-pendidikan-hentikan-intimindasi-terhadap-rumini, sejak Senin (8/7/2019).

Petisi yang di galang oleh TRUTH (Tangerang Public Transparency Watch) mengajak seluruh lapisan masyarakat dengan tagar #KamiBersamaRumini, untuk bersama mendukung dan mendesak pemerintah untuk segera #Berantaspunglipenidikan.

Berikut desakan dalam Petisi itu :

1. Presiden RI Joko Widodo untuk berkomitmen berantas pungli pendidikan.
2. Presiden RI Joko Widodo untuk memerintahkan Saber Pungli untuk menindak tegas para pelaku pungli pendidikan.
3. Mendesak Mentri Pendidikan & Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk menindaklanjuti praktek pungli di SDN Pondok Pucung 02 dan pemecatan Rumini
4. Mendesak Pemerintah Kota Tangerang Selatan Melalui Walikota Airin Rachmi Diany untuk memecat Kepala Dinas Pendidikan Taryono beserta bawahannya yang terbukti melakukan intimindasi pemecatan terhadap Rumini

Diberitakan sebelumnya, Rumini mengungkap, adanya dugaan praktik pungli seperti dana laboratorium komputer serta kegiatan sekolah. Pemasangan infocus pun dibebankan kepada orang tua murid.

Padahal, kata Rumini, semua biaya yang dipungut tadi sudah ada dalam komponen dana dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan BOS Daerah (BOSDA).

"Karena SDN Pondok Pucung 02 ini sekolah rujukan nasional yang berhak mendapatkan dana tersebut," kata Rumini. (Ak)