Proyek Miliaran Dinas PU Tangsel Mubazir,  Tandon Nusa Loka Tak efektif Tampung Air

Proyek Miliaran Dinas PU Tangsel Mubazir,  Tandon Nusa Loka Tak efektif Tampung Air (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Hujan deras hanya beberapa jam yang mengguyur Kota Tangsel membuat jalan raya Ciater Serpong tergenang. Parahnya lagi genangan sekira 50 cm itu lagi-lagi terjadi tepat didepan Tandon Nusa Loka, Kamis (26/4/2019) petang.

Salah seorang pengendara motor, Anto yang melintas di kawasan tersebut kesal melihat genangan air yang menurutnya langganan terjadi.

"Gara-gara genangan air macet parah ni Mas, mana panjang banget macetnya mas ditambah lagi saya cape baru pulang kerja, harusnya pemerintah bergerak cepat agar masalah seperti ini tidak terus terulang," ujarnya

Bukan hanya Anto, seorang pengendara motor yang tidak ingin disebutkan namanya terpaksa mendorong kendaraanya yang tidak mampu melintasi genangan air tersebut karena mogok.

"Motor saya mati mas ini tidak sanggup lewatin genangan air, banjir kaya gini sudah sering terjadi mas, setiap hujan deras pasti macet parah dan ada genangan air", ujarnya

Pengendara motor tersebut merasa bingung karena meski sudah dibangun Tandon dan perbaikan drainase disekitar daerah tersebut seperti tidak berfungsi efektif mengatasi genangan air.

"Belum lama ini kan udah diperbaiki drainasenya mas, dan sudah dibuat tandon juga walaupun belum dibuka untuk umum Tandon tersebut tapi harusnya sudah berfungsi mengatasi genangan tersebut," ujarnya

Pengendara motor tersebut merasa menganggap Pemkot, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel gagal dalam upaya menagulangi banjir khususnya di kawasan Ciater Raya. Padahal, baru beberapa waktu lalu pembangunan crossing saluran air juga dikerjakan.

"Pekerjaan pembangunan Tandon Nusa Loka masih ada lagi, yakni crossing yang melintas di Jalan Ciater Raya. Karena crossing yang lama sangat kecil tidak bisa menampung debit air," ujar Plt Kepala Dinas PU, Aries Kurniawan, Jumat, 9 November 2018 kala itu.

Diketahui, tak sekali ini genangan terjadi di depan Tandon Nusa Loka tersebut. Setiap hujan tiba, genangan air setinggi 30-50 cm selalu ada dan membuat stres pengguna kendaraan karena macet panjang. Padahal proyek  tandon Nusa Loka di gadang-gadang menjadi pengendali banjir bagi wilayah Ciater dan sekitarnya. Namun, melihat hujan hari ini, proyek Tandon Nusa Loka sepertinya hanya menjadi proyek mubazir alias tanpa fungsi maksimal. (Ak)