Program Sekolah Gratis Pemrov Banten Jadi Role Model Daerah Lain

Program Sekolah Gratis Pemrov Banten Jadi Role Model Daerah Lain ()

TANGERANG - Program sekolah gratis yang diberlakukan oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim sepertinya menjadi role model atau contoh bagi daerah lain.

Baru-baru ini, Gubernur terpilih Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku menyiapkan berbagai program pendidikan. Salah satunya, membebaskan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan atau SPP untuk siswa SMA sederajat di wilayah Jawa Timur, mulai tahun 2019.

"Karena, tugas Pemprov itu SMA/SMK. Insya Allah mulai tahun depan, biaya SPP kita gratiskan," kata Khofifah, Senin (13/8/ 2018) dikutip dari laman Viva.co.id.

Hal ini dilakukan Khofifah, karena terdorong saat kampanye keliling pada masa pemilihan gubernur beberapa waktu lalu. Dia terkejut, ketika mendapati kenyataan masyarakat yang ingin mendapatkan layanan pendidikan gratis dan berkualitas.

Sementara itu, ketika diminta tanggapan hal tersebut, Gubernur Banten mengatakan bahwa pemimpin yang memiliki visi mensejahterakan rakyanya akan berbuat seperti itu.

"Ya kalo pemimpin punya tujuan agar rakyatnya cerdas dan tidak membebankan ekonominya, harusnya wajib seperti itu,"kata WH melalu pesan singkat, Senin (13/8/2018) malam.

Maka dari itu, WH juga menyayangkan ketika ada pihak yang mengomentari negatif tentang pelaksanaan program sekolah gratis.

"Saya ga mau pusing. Malah saya mau bikin semua sekolah negeri, mau SMA/K, menjadi sekolah unggulan. Jadi, semua sekolah diujung kampung juga, semua favorit," pungkasnya. (red)