PPDB Online Hari ke-2 Lancar Jaya, Validasi Masih Lemot

PPDB Online Hari ke-2 Lancar Jaya, Validasi Masih Lemot ()

TANGERANG - Setelah hari pertama, Kamis (21/6/2018) beberapa orang tua mengeluhkan sulitnya akses dan validasi data di sekolah-sekolah tujuan. 

Memasuki hari kedua, Jumat (22/6/2018), akses pendaftaran PPDB Online pukul 22.00 Wib, nyaris tiada gangguan.

Sebelumnya, salah seorang wali murid, bernama Lia mengatakan, dirinya bersama putranya hendak melakukan validasi data terdaftar, mengalami kesulitan.

"Daftar udah bisa, udah diunduh juga. Sekarang, mau validasi data terdaftar, ngga masuk-masuk, bingung juga mau ngeluh kemana," kata Lia saat ditemui di salah satu sekolah negeri, di Kota Tangerang, Jumat (22/6/2018).

Hal berbeda disampaikan Ayu, salah seorang warga di Kecamatan Tigaraksa. Pada hari kedua pendaftaran PPDB online, dirinya mengaku lancar tanpa ada kendala. Namun, saat registrasi ke pihak sekolah, yakni SMKN 4 Kabupaten Tangerang, masih mengalami kesulitan, dan tidak terlihat satu pun petugas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.

"Waktu hari kedua pendaftaran, udah mulai lancar sih. Ngga ada kendala, tapi kendalanya pas validasi data ke sekolah. Tadi ngga ada petugas dari Dinas, adanya dari pihak sekolah aja," ucapnya.

Sementara salah seorang staf SMAN 10 Kota Tangerang, yang enggan disebut namanya menyatakan, antrean validasi data siswa didik baru yang sudah terdaftar, sangat panjang. Beberapa kali pihaknya mencoba mengakurasi data pendaftar, sangat sulit masuk.

"Antrean validasi yang banyak sekarang. Daftarnya sudah bisa, tapi pihak sekolah kesulitan untuk akurasi data pendaftar. Kalau sebelum sebelumnya, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ada yang mendampingi, karena setahu saya, ada panitia yang bisa membantu validasi pendaftaran. Kok sekarang ngga ada, pada ngapain panitianya?" kata Sumber.

Diketahui beberapa waktu lalu, masyarakat sangat sulit mendaftarkan putra putrinya, pada PPDB online 2018 ini. (ak)