PMI Kabupaten Tangerang Gelar Donor Plasma Konvalesen Untuk Penderita Covid19

PMI Kabupaten Tangerang Gelar Donor Plasma Konvalesen Untuk Penderita Covid19 (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID -  Palang Merah Indonesia PMI Kabupaten Tangerang gelar donor Konvalesen, donor plasma Konvalesen Sendiri dilakukan PMI kepada warga yang sudah pernah terpapar Covid19. Plasma konvalesen sendiri nantinya di peruntukan bagi warga yang terpapar atau penderita Covid19 yang masih menjalani perawatan.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tangerang Dokter Zainal Muttaqin kita saat ini sangat membutuhkan para pendonor terutama dari penyintas Covid19 yang sudah dinyatakan sembuh.

" Pendonor plasma konvalesen harus penyintas Covid19 di perioritaskan adalah berjenis kelamin laki-laki, atau perempuan yang belum melahirkan serta nantinya dilakukan test untuk memeriksa kesehatan sebelum berdonor, dan plasma konvalesen sendiri digunakan untuk terapi pengobatan bagi penderita Covid19," terang dr. Zainal Muttaqin, Senin (18/01). Di Kantor PMI Kabupaten Tangerang. Jl. Raya PLP Curug Kabupaten Tangerang.

dr. Zainal Muttaqin mengakui kalau donor plasma Konvalesen sendiri dilakukan selama 45 menit ditransfusikan dengan menggunakan alat Aperesis, dimana alat ini mampu memisahkan antara Sel Darah merah, Sel Darah putih, trombosit dan Plasma Konvalesen.

" Lamanya waktu maksimal 45 menit, dimana dengan alat tersebut pendonor dikeluarkan darahnya kemudian diolah untuk di pisahkan jenis kebutuhannya, kita hanya membutuhkan plasma konvalesen sedangkan sisanya kita masukan ke tubuh pendonor," paparnya.

Sementara Ahmad Kosasi salah satu pendonor mengatakan dirinya sebelum menjadi penyintas Covid19, ia sempat terpapar di Klaster kantornya tempat bekerja.

" Sebenarnya pada pertengah Desember silam tidak menunjukan gejala, namun karena hasil tracing terhadap salah satu teman kantor oleh tim medis saya juga ikut terpapar dan harus isolasi mandiri," paparnya.

Kosasi mengakui kalau dirinya sudah berjanji akan mendonorkan plasma konvalesen miliknya setelah dinyatakan sembuh, karena dirinya sangat merasakan bagaimana rasanya menjadi pasien covid.

" Saya sudah berjanji akan mendonorkan plasma konvalesen demi membantu sesama sebagai wujud kepedulian akan nyawa manusia," tegasny. (red)