Pilkada Tangsel Makin Panas, Survey RSRC Benyamin Unggul

Pilkada Tangsel Makin Panas, Survey RSRC Benyamin Unggul ( Direktur Eksekutif RSRC A Khoirul Umam / Rena-onstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Romeo Strategic Research and Consulting (RSRC) merilis hasil survei pra Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Hasilnya, Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 3 Benyamin Davnie-Pilar Saga Ikhsan, menduduki peringkat pertama dengan perolehan suara sebanyak 28,7 persen.

Direktur Eksekutif RSRC A Khoirul Umam menyampaikan, dalam kegiatan tersebut perolehan suara kedua diikuti oleh Paslon nomor urut 1 Muhammad-Rahayu Saraswati dengan perolehan suara sebanyak 20,9 persen dan ketiga Paslon nomor urut 2 Siti Nur Azizah-Ruhamaben dengan 17 persen suara.

Dengan begitu, temuan angka elektabilitas tersebut masih dinamis. Faktornya, angka swing voters masih cukup tinggi dan bahkan jika digabungkan dengan undecided voters jumlahnya cukup signifikan.

“Swing voters masih cukup tinggi 32,4 persen. Jika angka swing voters dan undecided voters digabungkan 18,9 persen merahasiakan jawaban, 12 persen belum punya pilihan, 30,9 persen tidak tahu atau tidak jawab jumlahnya cukup signifikan 62,4 persen selebihnya 36,6 persen menyatakan telah memutuskan pilihan dan tidak akan berubah,” ujarnya di Hotel Sahid, Jalan Raya Serpong, Serpong, Jumat (20/11/2020).

Lanjutnya, peroleh suara tertinggi tersebut merupakan dominasi politik incumbent Benyamin Davnie yang cukup tinggi atas pandangan masyarakat terkait kinerja pemerintah Kota Tangsel.

“Tentu pendukung dia (Benyamin-Pilar) adalah basis pemilih dari partai Golkar ditambah dengan masyarakat yang terkelola dengan baik selama proses yang bersangkutan memimpin kota Tangsel,” ungkap Umam.

Sementara, menurut Umam, pemenang Pilkada Tangsel 2020 akan ditentukan oleh siapa yang paling kreatif mendekati pemilih ditengah pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.

“Paslon juga harus pandai-pandai mengantisipasi dan menepis pergerakan narasi liar, baik black campaign maupun negative campaign,” pungkasnya.

Untuk diketahui, survei pra Pilkada dilakukan pada 3-6 November 2020 dengan 400 responden yang diperoleh berdasarkan metode Multistage Random Sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan Margin Of Error 5 persen. (Rn)