Petani Girang, Bupati Zaki Dukung  Ekspor Buah 20 Ton ke Hongkong 

Petani Girang, Bupati Zaki Dukung  Ekspor Buah 20 Ton ke Hongkong  ()

NONSTOPNEWS.ID - Setelah tahun 2019 fokus RPJMD pada ketahanan pangan,  Bupati Tangerang, Zaki Iskandar lebih banyak turun ke lapangan bergaul dengan para petani. 

Kali ini Zaki bisa merasakan buah melon kuning dan jagung dari berbagai varietas unggul yang ditanam petani Teluknaga, Rabu, (23/1/2019) kemarin.

Dikatakannya, wilayah utara Kabupaten Tangerang merupakan wilayah pesisir yang berpotensi dikembangkan dibidang pertanian holtikultura pada 2019 ini. 

"Ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang bukan hanya sawah dan padi lagi tapi juga sayur-mayur, buah-buahan dan produk holtikultura yaang menjadi varietas unggulan," ungkap Zaki.

Zaki juga mengungkapkan, bahwa lahan semakin hari semakin terbatas tapi yang paling penting inti adalah bagaimana nanti ke depan sudah bisa mempersiapkan diri bagaimana memanfaatkan lahan yang terbatas dengan produktivitas yang tinggi dan efisien.

"Adanya holtikultura di Teluknaga ini dapat membantu kebutuhan warga Kabupaten Tangerang, yang setiap tahunnya terus meningkat populasi diwilayah utara," jelasnya. 

Bukan hanya itu, holtikultura juga dapat membantu mengurangi angka pengangguran, karna ini salah satu contoh bisa di kelola para generasi muda untuk turun langsung dan bercocok tanam dan lebih produktif.

"Mudah mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing-masing. Ayo berkebun" terang Zaki seraya memberikan semangat kepada generasi muda.

Dalem panen tersebut, Budi haryono perwakilan PT East West Seed Indonesia wilayah Jabar dan Banten mengatakan, sangat mengapresiasi upaya pemkab yang telah mendukung penuh adanya Holtikultura di daerah Kabupaten Tangerang.

"Mudah-mudahan ini menjadi contoh baik bagi anak muda di wilayah untuk bersemangat dalam bercocok tanam," ucap Budi.

Sementara itu, Bagas petani sukses asal Teluknaga menambahkan, dirinya senang ada kepedulian dari pemkab terhadap para petani. 

"Ini kesekian kalinya Bupati Tangerang meninjau kesini, kemarin kesini untuk melaksanakan panen sayur kangkung bersama teman teman KNPI Kabupaten Tangerang. Ada 30 jenis sayur-sayuran dan buah-buahan kurang lebih 20 ton perbulan yang kita juga sudah kirim untuk ekspor ke Hongkong," ujar Bagas. 

Bagas berharap ada banyak pemuda di Tangerang, tergerak dan dapat bersama sama menjadi pengusaha sayur mayur khususnya pemuda di Teluknaga. (Kominfo)