Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Kota Tangerang Gelar Kemah Bakti Sosial Generasi Millenial

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Kota Tangerang Gelar Kemah Bakti Sosial Generasi Millenial
Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Kota Tangerang Gelar Kemah Bakti Sosial Generasi Millenial
((dok. Dispora Kota Tangerang) )

TANGERANG - Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 90, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tangerang (Dispora) , mengelar Kemah Bakti Sosial Pemuda dilapangan Yonif Mekanis 203 Jatake, Jatiuwung.

Acara tersebut, digelar selama dua hari dari tanggal 27 - 28 Oktober 2018, dengan peserta 500 orang dari bebagai elemen organisasi kepemudaan diantaranya KNPI, Karang Taruna, FKPPI, BEM Mahasiswa, Ansor, PMI, Pramuka dan Komunitas Kepemudaan lainnya. 

Berbagai rangkaian acara pun digelar seperti Character Building (Personal Skill Atitude Pemuda) oleh Deni Padmanegara, Wawasan Kebangsaan dengan pemateri Danyon Infanteri Makenis 203 Jatake, Donor Darah, Pentas Pemuda, Tanam Pohon, Api Unggun, Pentas Seni dan terakhir adalah NGOPI (Ngobrol Penuh Inspirasi) bersama Walikota dan Wakil Walikota Tangerang. 

Dalam kesempatan 'NGOPI' bersama dengan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, para peserta dengan semangat dan penuh antusias mendengar cerita Walikota kala Ia muda sampai menjadi Arief yang sekarang.

"Dulu kalo inget masih muda, waktu sekolah dulu bahkan sampe ke negeri Paman Sam, udah dapet ijazah yang dirasain bukannya bangga, haru, seneng, tapi malah kesel," ujar Arief, Sabtu (27/10/2018).

"Kenapa? Karena udah kuliah lama-lama, jauh, dapetnya cuma selembar kertas doang," curhatnya.

Lanjut Walikota, pemuda saat ini dituntut untuk punya inovasi dan tidak hanya sekedar nilai akademis. Sebab menurutnya ada tiga indikator penting yang harus dimiliki pemuda zaman now atau generasi VVIP Kota Tangerang untuk meraih keberhasilan.

"Yang pertama itu jujur. Orang jujur itu susah dicari. Kedua pekerja keras. Dan yang ketiga dukungan dari keluarga atau orang terdekat. Pintar itu nomor berapa coba? Nomor 20!," tegasnya.

Untuk itu Arief berharap dengan adanya kegiatan ini bukan hanya sekedar ajang kumpul- kumpul tetapi ada sharing pengalaman dan motivasi yang dapat diambil dari orang-orang disekitar kita.

"Karena ini adalah generasi muda yang nantinya akan meneruskan tongkat perjuangan dalam memajukan Kota Tangerang. Jadi ingat kalo mau sukses, belajarlah dari orang sukses," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda Dispora Kota Tangerang, Achmad Suhaely memaparkan, menumbuhkan semangat nasionalisme dan kepedulian pemuda di era saat ini memang sulit, sehingga diperlukan adanya motivasi dan pembekalan wawasan kebangsaan.

"Kita bangun kembali, Insya Allah nantinya muncul pemuda yang peka akan norma dan nilai-nilai luhur di masyarakat," kata Suhaely. 

Lanjut Suhaely, fungsi pemuda harus difungsikan sebagai agen pembangunan. 

"Dan fungsi pemuda kita dikembalikan dalam  pembangunan sebagai agen perubahan dan modernisasi. Karena pemuda hari ini, adalah pemimpin masa depan," tukasnya. (adv)