Perantauan Asal NTB Bikin Yayasan, Fokus Bantu Korban Gempa Lombok

Perantauan Asal NTB Bikin Yayasan, Fokus Bantu Korban Gempa Lombok (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Sejumlah tokoh asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berdomisli di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sepakat membentuk sebuah Yayasan "NTB Bersatu dan Bermartabat". 

Pembentukan yayasan sosial itu dilatarbelakangi rasa kepedulian para tokoh NTB atas musibah gempa bumi yang meluluh lantakkan daerah Lombok dan sekitarnya belum lama ini.

Akibat bencana alam tersebut, tercatat sedikitnya 564 jiwa meninggal dunia serta ribuan jiwa lainnya menderita luka berat dan ringan. Tak hanya itu, kerugian materi yang diderita warga mencapai Triliunan Rupiah.

"Berangkat dari musibah itu, kami merasa terpanggil untuk membentuk sebuah Yayasan sosial guna membantu meringankan beban saudara- saudara kita disana pasca gempa," ungkap Ketua Dewan Pembina Yayasan NTB Bersatu AKBP Dewa Wijaya, kepada wartawan di kawasan Alam Sutera Kota Tangerang Selatan, Senin (11/02/2019).

Menurut Dewa, pihaknya mengaku telah membentuk organ pengurus yayasan, diamana para personilnya diambil dari berbagai wilayah di Provinsi NTB, diantaranya di Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Sumbawa, Dompu dan Bima.

"Yayasan ini akan mengumpulkan dana bantuan dari para donatur dan dermawan baik yang berasal dari NTB maupun diluar wilayah kota seribu masjid tersebut," jelasnya. 

Selain itu, para pengurus yayasan juga akan membuat beragam program dan usaha- usaha pengembangan perekonomian supaya kedepan tidak melulu mengandalkan donasi dari para dermawan.

"Hasilnya, akan kami salurkan langsung kepada mereka yang membutuhkan bantuan melalui program- program kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan lainnya," kata pria keturunan Bali Lombok yang kini menjabat sebagai Kasubdit Patroli Dit Pol Airud Polda NTB ini.(dyno)