Penyebab Carut Marut PPDB, Mulai Sistem IT Hingga Dugaan Peserta Didik 'Titipan' yang Capai Ratusan Siswa

Penyebab Carut Marut PPDB, Mulai Sistem IT Hingga Dugaan Peserta Didik 'Titipan' yang Capai Ratusan Siswa ((Ilustrasi/Net))

TANGSEL - PPDB online 2018 di Kota Tangsel, masih menyisakan pembicaraan di beberapa kalangan, termasuk pemanggilan 22 kepala sekolah se-Kota Tangsel oleh DPRD, beberapa waktu lalu.

Dalam pembahasan permasalahan PPDB online, DPRD Kota Tangsel, menitikberatkan carut-marutnya penerimaan siswa SMP tersebut berada pada kesalahan sistem Teknologi Informasi (IT) nya.

"Kalau dari pihak DPRD, lebih menitikberatkan masalah di teknis sistem IT nya," kata Herman salah seorang kepala sekolah, di Kota Tangsel, Kamis (2/8/2018).

Timbul polemik, permasalahan penerimaan siswa SMP di Kota Tangsel, justru karena banyaknya 'titipan' para petinggi, yang mengakibatkan daya tampung di sekolah, tidak mencukupi.

"Kemarin ada yang ngobrol-ngobrol. Ngga sengaja saya nguping. Ternyata, banyak titipan-titipan petinggi, untuk masuk ke sekolah. Katanya sudah terstruktur," kata salah seorang sumber, yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Sementara itu, menurut salah seorang kepala sekolah yang tidak ingin disebut namanya, dalam rapat pembahasan PPDB online, terungkap 356 siswa yang lolos dalam PPDB online 2018 lalu, merupakan 'titipan' DPRD Kota Tangsel.

"Dari hasil rapat Dewan itu, ternyata ada 356 peserta didik yang lolos melalui Dewan," pungkasnya. (ak)