Pengen Kayak Kantor Pusat Google, Sinar Mas Land Bangun Animation Valley di BSD City

Pengen Kayak Kantor Pusat Google, Sinar Mas Land Bangun Animation Valley di BSD City
Pengen Kayak Kantor Pusat Google, Sinar Mas Land Bangun Animation Valley di BSD City
(Istimewa)

TANGERANG - Sinar Mas Land berencana membangun Animation Valley yang akan menjadi bagian dari ekosistem animasi digital di kawasan Digital Hub BSD City, Kabupaten Tangerang.

Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan besarnya market digital masyarakat Indonesia saat ini merupakan peluang yang mendukung berkembangnya dunia kreatif digital di Indonesia, khususnya di bidang animasi sehingga perlu dibantu dalam penyediaan fasilitas dan edukasinya.

"Fasilitas dan edukasi yang memadai akan meningkatkan kompetensi animator lokal untuk bersaing di pasar yang kompetitif baik di dalam negeri maupun internasional," ujar Irawan, belum lama ini.

Untuk mengawali membangun ekosistem animasi tersebut, Bengkel Animasi yang didukung oleh Sinar Mas Land dan Intel menyelenggarakan acara yang bertajuk Indonesian CG Heroes di Auditorium Green Office Park 9, BSD City.

Indonesia CG Heroes menjadi ajang edukasi dan networking bagi stakeholder industri animasi lokal tentang daya tarik industri animasi digital dan kontribusinya terhadap perekonomian negara di masa depan.

Kini banyak studio animasi lokal di seluruh Indonesia, mulai dari Infinite Studios di Batam, The Little Giantz, Enspire, dan MNC Animation di Jakarta, sampai Base Studio di Bali, dengan kapasitas tenaga kerja secara umum berkisar antara 100-300 orang di setiap perusahaan yang telah mengerjakan proyek animasi dari berbagai macam negara.

Dengan membangun ekosistem animasi tersebut diharapkan dapat mencipatakan kualitas animator Indonesia yang mampu bersaing secara internasional sehingga membantu perkembangan industri kreatif secara keseluruhan.

Sementara itu, Sinar Mas Land yang tengah mengembangkan kawasan Digital Hub semakin gencar menambahkan dan menciptakan ekosistem digital baru di BSD City sebagai bagian dari transformasi BSD City menjadi The First Integrated Smart Digital City.

Digital Hub didukung dengan sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital, seperti jaringan fiber optik untuk akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, keterbukaan akses untuk fleksibilitas, dan kesiapan pelayanan cloud kelas dunia.

Saat ini juga BSD City telah menyediakan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City, berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions. (radarnonstop)