Penanganan Penumpang WNA, PT Angkasa Pura II Siapkan Terobosan Baru

Penanganan Penumpang WNA, PT Angkasa Pura II Siapkan Terobosan Baru ()

NONSTIONEWS.IS - Dalam rangka penanganan jumlah penumpang asal negara lain, PT Angkasa Pura ll membuat aplikasi bebrabsi interner guna mempermudah koordinasi antara stakeholder di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Diketahui, aplikasi tersebut adalah aplikasi Hotel Monitoring and Reservation (HORE). Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, aplikasi HORE nantinya dapat memudahkan stakeholder untuk penanganan dan penetapan lokasi karantina bagi penumpang adal luar negeri.

“Lewat aplikasi HORE, Bandara Soekarno-Hatta dapat menyampaikan rencana penerbangan dan jumlah penumpang internasional, operator hotel dapat menyampaikan jumlah ketersediaan kamar, dan Satgas Udara Penanganan COVID-19 dapat melakukan penetapan lokasi karantina sesuai protocol Covid-19,” kata Agus Haryadi, Selasa (5/1/2021).

“Ini akan sangat membantu dalam pelaksanaan karantina hingga 14 Januari nanti,” tambah Agus.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan PHRI mendukung penuh dipenuhi ketentuan karantina bagi pelaku perjalanan internasional dengan menyiapkan sedikitnya 105 hotel dengan alokasi 10.200 – 10.500 kamar hotel karantina di wilayah Jakarta dan Tangerang sebagai lokasi karantina. (toid/red)