Pemudik Harus Waspada Jajan di Rest Area, Cek Dulu Sebelum Beli

Pemudik Harus Waspada Jajan di Rest Area, Cek Dulu Sebelum Beli (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID - Pemudik diminta tidak makan sembarangan. Karena, disaat badan letih dan kurangnya istirahat bisa berdampak pada virus diare. 

Para pemudik yang terkena diare umumnya karena asal jajan di rest area. Bukan hanya jajanan, seduhan kopi yang airnya tidak panas juga bisa menyebabkan diare.

"Saya sudah 10 kali buang air besar. Kena diare akibat salah jajan dan minum kopi seduhan yang airnya tidak panas," ungkap Sobirin, pemudik yang hendak ke Garut, Jawa Barat, Senin (3/6/2019) subuh.

Kamto yang berhenti di rest area Tol Cipali juga mengalami diare. 

"Gawat ini. Gara-gara makan gorengan sudah empat kali ke toilet," ungkapnya.

Hingga Minggu (2/6/2019), Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan menerima sejumlah laporan penyakit dari 923 pos kesehatan mudik di 34 rovinsi. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) terbanyak dengan 456 laporan.

Setelah ISPA ada hipertensi 287 orang, gangguan pencernaan 275 oranga dan diare 82 orang. Sedangkan kardiovaskular 51 orang serta keracunan 3 orang.

Angka tersebut diakumulasikan dari jumlah kunjungan pemudik ke pos kesehatan. Para pemudik yang sakit langsung diberi penanganan medis dan obat-obatan.

"Manfaatkan pos kesehatan di rest area dan di tempat lain di jalur mudik. Pastikan kondisi tubuh sehat sebelum melanjutkan perjalanan," pesan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam rilisnya untuk wartawan. (RN)