Pemprov Banten Segera Bantu Bangun Rumah Korban Tsunami

Pemprov Banten Segera Bantu Bangun Rumah Korban Tsunami
Pemprov Banten Segera Bantu Bangun Rumah Korban Tsunami
(Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Pemrov Banten akan segera mendata rumah korban tsunami yang rusak dan nantinya akan diberi bantuan untuk membangunnya kembali.

Hal itu dikatakan Gubernur Banten Wahidin Halim saat rapat koordinasi di Posko Bencana Gedung PGRI Labuan, Pandeglang Kamis (3/1/2019).

"Rencana Anggaran Biaya (RAB) segera disiapkan, dana yang tersedia di Pemprov sudah ada dan mencukupi tinggal inventarisir dengan cermat," katanya.

Gubernur juga memastikan bahwa bantuan untuk rehabilitasi dan rekontruksi rumah korban tsunami tepat diterima sesuai sasaran.

"Harus cepat, tepat sesuai sasaran. Sehingga dapat kita pastikan berapa yang kita bangun," tegasnya.

Sebelum rehabilitasi serta rekonstruksi pasca bencana, pemprov Banten tengah menyiapkan tempat yang akan dijadikan untuk merelokasi korban bencana dengan hunian sementara (Huntara).

Saat ini kata Gubernur, Pemprov terus mencari tempat yang tepat untuk dijadikan relokasi penduduk yang terkena dampak bencana, dan tidak jauh dari tempat menetap sebelumnya.

"Tempat yang dibutuhkan idealnya adalah berada di ketinggian tertentu, yang masih dalam area aman tapi penduduk bisa tetap beraktivitas," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir meminta kepastian jadwal terkait relokasi, pembangunan hunian sementara (huntara) dan rencana aksi untuk memudahkan pengerjaan.

"Saya sarankan agar menginventarisir pengungsi, meminimalisir orang yang tidak berhak menjadi pengungsi supaya kembali ke rumah masing-masing,"tegas Tomsi.

Dalam kesempatan berbeda saat bersama Gubernur diacara silaturahmi alim ulama Banten, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan kesiapan seluruh personil TNI untuk berperan dalam rekontruksi perbaikan infrastruktur dan pemulihan pasca bencana.

"Berapapun personil yang diminta Gubernur maupun Bupati, kami siap penuhi," tandas Panglima TNI. (eh)