Pemprov Banten Bakal Gelar Festival Durian

Pemprov Banten Bakal Gelar Festival Durian (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertanian (Distan) akan menggelar ‘Festival Durian Banten’, diantaranya kontes jawara durian, lomba Serdadu (serba dari durian), bazar durian dan olahan, talk show nutrisi durian, pasar tani, dan pemeran hortikultura.

Acara ini akan digelar pada 12 Februari 2019, di Hutan Kota Nancang, Jalan Raya Serang – Pandeglang, Tembong Jaya, samping Makodim 0602 Serang, Kota Serang.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Banten Agus Tauhid menerangkan, festival tersebut merupakan bagian dari promosi Pemrov Banten untuk memperkenalkan buah durian yang ada di Banten.

“Kita ingin memperlihatkan kepada publik bahwa durian di Banten itu ada,” ujar Agus saat diwawancara seusai Rapat Pimpinan (Rapim) di Kantor Bappeda Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Senin (04/02/19).

Ia mengakui, durian itu bukan milik Pemerintah Provinsi Banten melainkan milik petani Banten. Tetapi, kehadiran pemerintah dalam rangkaian agenda tersebut hanya memberikan bimbingan (pembinaan-red) agar sentral durian yang ada di daerah Banten dapat tumbuh berkembang.

“Betul diakui durian itu bukan milik Pemerintah Provinsi Banten, durian itu milik petani banten. Jadi kita disana hanya mengadakan bimbingan, agar daerah-daerah yang menjadi sentral durian di Banten bisa tumbuh dan berkembang,” imbuhnya.

Agus memaparkan, pada saat rapat, Gubernur Banten meminta kepada Distan Banten untuk membuat kawasan durian milik Pemrov Banten. Menurutnya, kata milik artinya bukan berarti diklaim sepenuhnya.

“Disini bukan diaku, tetapi lahan itu milik petani. Hanya ada sentuhan dari pemerintah,” tutup dia.

Sebagai informasi, saat ini yang menjadi daerah sentra durian di Banten hanya ada di dua daerah, diantaranya Kabupaten Lebak dan Pandeglang. (tm/red)