Pemkot Tangerang Punya 'Kolak Manis' Untuk Tekan Potensi Buruk Ibu Hamil Sejak Dini, Kok Bisa?

Pemkot Tangerang Punya 'Kolak Manis' Untuk Tekan Potensi Buruk Ibu Hamil Sejak Dini, Kok Bisa? (Sosialisasi program KOLAK MANIS pemkot Tangerang/kominfo)

NONSTOPNEWS.ID - Kehamilan membuat tubuh harus membawa beban tambahan dan kondisi kesehatan tubuh sebelum hamil dapat memengaruhi seberapa sehat seorang wanita selama kehamilan.

Fokus pada hal itu, Pemkot Tangerang melalui Puskesmas Cipondoh, memiliki program Kolaborasi Laboratorium Berantas Remaja Anemis (Kolak Manis). Program yang digelontorkan guna melihat efektifitas pemberian tablet tambah darah (Fe) pada remaja putri di wilayah Puskesmas Cipondoh. 

Ini program yang dibuat untuk menekan sejak dini. Mereka sebagai remaja putri dari tingkat SMP dan SMA sudah kami persiapkan kesehatannya. Sehingga diwaktu kehamilan nanti mereka tumbuh sehat baik ibu maupun janinnya," ungkap Kepala Puskesmas Cipondoh, Rizki Adiarti, Jumat (9/8/19).

Kata Rizki, program Kolak Manis ini, cukup efektifitas pemberian tablet Fe terhadap remaja putri dilanjut dengan cara memeriksa kadar Hemoglobin (HB) semua remaja putri di SMP/SMA usia 15 tahun keatas diberikan tablet Fe. 

"Jika masih pencegahan dan sosialisasi, diberikan satu kali dalam seminggu selama tiga bulan. Sedangkan bagi remaja yang tidak anemis remaja cukup mengkonsumsi satu kali dalam seminggu," jelas Rizky. 

Kolak Manis digencarkan untuk mencegah remaja putri anemia. Berarti dapat mencegah ibu hamil Hamil Kurang Energi Kronik (KEK), ibu yg melahirkan anak dgn gizi.

Diketahui, sejumlah sekolah yang sudah menjadi pilot project kegiatan ini adalah SMP Jabal Nur, SMA Jabal Nur, SMP Yasir, SMA Yasir dan SMP Nurul Hikmah.

"Masih bertahap, semoga dalam waktu dekat semua sekolah di Cipondoh bisa ikut program ini," harapnya. 

Sementara itu, Petugas Analis Laboratorium PKM Cipondoh, Eep Prihatin, menuturkan, melaksanakan program Kolak Manis laboratorium berkolaborasi dengan program Kesehatan Remaja (KRR) dan program gizi, dalam rangka menanggulangi masalah Anemia pada remaja putri, pemberian tablet Fe. 

"Tim laboratorium jemput bola, turun ke lapangan memeriksa kesehatan remaja. Memutus potensi buruk pada ibu hamil, sedini mungkin," tegasnya. (Ks)