Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Rabu, Banyak Warga Ikut Lebaran Arab Saudi Selasa

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Rabu, Banyak Warga Ikut Lebaran Arab Saudi Selasa
Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Rabu, Banyak Warga Ikut Lebaran Arab Saudi Selasa
(Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu 5 Juni 2019 besok. Penetapan ini dilakukan usai Kemenag menggelar sidang isbat yang dipimpin Lukman Hakim, Menteri Agama di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (3/5/2019) malam.

Menteri Lukman menjelaskan, dari pantauan hilal yang dilakukan, belum ada satu pun yang berhasil melihat hilal.

“Ketika itu terjadi, maka bulan Ramadhan tahun ini digenapkan 30 hari. Yang artinya besok hari Selasa kita masih melaksanakan puasa karena besok masih Ramadhan.”

“Dengan demikian, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh hari Rabu, 5 Juni 2019 besok. Itu hasil sidang isbat kali ini,” papar Lukman saat konferensi pers usai sidang isbat.

Penetapan jatuhnya 1 Syawal 1440 H ini dibuat berdasarkan dua hal yakni dari penghitungan hisab dan metode rukyat.

Proses penetapan dimulai setelah ibadah shalat Magrib. Masing-masing perwakilan Kemenag yang tersebar di 105 titik melaporkan hasil hisab dan pantauan rukyatul hilal.

Berbeda dengan pemerintah, banyak juga masyarakat yang sudah berlebaran, salah satunya warga Serang disekitar pondok lesantren Al Abqory, Taktakan Kota Serang, Provinsi Banten.

“Lebaran hari ini kami mengikuti fatwa ulama Saudi Arabia yang menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari ini,” kata Halimi (47) salah satu jamaah sholat kepada SatuBanten seusai sholat.

Menurut Halimi, kejelasan bulan Ramadan, didapatkan semalam setelah Mufti dan Imam Masjidil Haram mengumumkan Idul Fitri jatu pada hari ini, Selasa (4/6/2019).

“Jadi kami terus memantau informasi dari Masjidil Haram. Baik melalui internet maupun dari grup WA dengan kawan-kawan di Saudi,” tegasnya.

Dikerahui, Arab Saudi mengumumkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh hari ini, Selasa (4/6/2019). Selain Saudi, negara yang merayakan Idul Fitri hari ini adalah Uni Emirat Arab (UEA).

Dilansir dari Morocco World News, Selasa (4/6/2019), pengumuman hari pertama Idul Fitri itu dilakukan usai pihaknya melakukan pengamatan bulan pada Senin (3/6/2019). (RED)