Pemerintah Segera Siapkan Tes Massal Virus Corona

Pemerintah Segera Siapkan Tes Massal Virus Corona (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID – Pemerintah pusat berencana melakukan tes Covid-19 secara massal. Hal itu untuk mengetahui secepat mungkin kasus positif corona di Indonesia.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto menuturkan, pemerintah pusat sedang menyiapkan kebutuhan untuk melakukan tes itu.

“Pemeriksaan secara massal atau kita sebut sebagai screening massal terhadap Covid-19 yang sekarang sedang kita persiapkan keseluruhan,” kata Yuri di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (19/3/2020).

Dia menjelaskan, tes ini memakai metode molekuler yaitu pemeriksaan screening awal terhadap imunoglobulin. Metode ini dinilai sebagai keputusan yang baik dan sudah digunakan oleh banyak negara.

“Kita akan menggunakan pemeriksaan imunoglobulin sebagai upaya screening awal. Ini bisa dilaksanakan secara massal adalah sebuah keputusan yang baik,” terangnya.

Melalui tes ini, akan banyak orang terdeteksi positif virus corona. Selanjutnya, pemerintah akan mengisolasi pasien yang dengan gejala berat. Namun orang positif corona dengan gejala ringan diminta untuk mengisolasi diri secara mandiri.

“Tujuannya adalah untuk melaksanakan isolasi. Sudah barang tentu nanti kita akan bisa mendapatkan kasus positif yang cukup banyak,” kata Yuri. (ATM/red)