Nyamar Ojek Online, Pencuri Dikejar-kejar Polisi

Nyamar Ojek Online, Pencuri Dikejar-kejar Polisi ()

TANGERANG - Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tetapi karena ada kesempatan. Mungkin kita pernah mendengar kata-kata tersebut, didalam sebuah program kriminal. Hal itu terjadi, seperti yang dilakukan pengemudi ojek online (ojol) Eko Yusni Wahyudi (20).

Yusni kepergok Muhamad Ardian (23), pemilik kios Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Cisoka, Kabupaten Tangerang, saat mengambil telepon genggam miliknya.

"Pada saat itu pelaku sedang mengisi bensin. Kemudian korban (Ardian) melayani seperti yang biasa dilakukannya. Ketika korban lengah, pelaku langsung mengambil handphone milik korban yang sedang di charger didalam toko. Setelah berhasil mengambil handphone tersebut, kemudian pelaku kabur," kata Kapolsek Cisoka AKP Uka Subakti, Senin (30/7/2018).

Namun saat pelaku melarikan diri, korban langsung berteriak dan mengerjar pelaku dengan sepeda motor, sambil berteriak minta tolong. Korban menarik sepeda motor pelaku, tambahnya, namun malang, justru korban yang terjatuh dan korban mengalami luka parah dibagian kaki.

"Saat itu, pelaku masih mencoba melarikan diri sambil mengendarai kendaraannya dengan kecepatan penuh, kejadian itu menarik perhatian warga sekitar yang kemudian ikut mengejar pelaku. Melihat adanya keramaian warga, Unit Reskrim Polsek Cisoka yang sedang berpatroli wilayah, langsung bergabung dengan warga," tambahnya.

Kanit Reskrim Polsek Cisoka, IPTU Sitta Madongan Sagala langsung mengejar pelaku, dan menurut keterangan saksi serta korban bahwa pelaku kabur dengan menggunakan sepeda motornya ke daerah Perumahan Batara Desa Pasanggrahan Solear.

Mendengar Informasi tersebut, kemudian tim reskrim beserta kanit dengan dibantu masyarakat, korban dan saksi mengejar pelaku, hingga akhirnya pelaku diamankan di Perumahan Kota Batara, Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang pelaku dapat ditangkap dan diamankan.

"Dari hasil interogasi, pelaku mengaku juga pernah melakukan hal yang sama. Untuk TKP lainnya masih kita kembangkan," ucap Kanit Reskrim Polsek Cisoka, IPTU Sitta Madongan.

Sementara itu, Kapolsek Cisoka AKP Uka Subakti mengatakan, pelaku telah diamankan di Polsek Cisoka. Pelaku merupakan seorang pengendara ojek online, yang baru bekerja 3 bulan. 

"Pelaku dan barang bukti berupa handphone serta kendaraan yang digunakan pelaku telah kita amankan di Polsek, dan akan kita proses lebih lanjut. Pelaku dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara, atau dengan denda 900 juta,"katanya.

Untuk diketahui, korban Muhamad Ardian (23), saat ini dalam perawat di RSUD Balaraja, dengan luka parah dibagian kaki kiri. 

"Kepada masyarakat agar lebih wasapada, terutama saat keluar rumah, usahakan jangan sendirian. Jangan juga membawa barang-barang berharga yang dapat mengundang tindak kriminal," pungkasnya. (ak)