Ngeri.!! Pencairan Dana Hibah BPN Tangsel Pakai 'Proposal Gaib'

Ngeri.!! Pencairan Dana Hibah BPN Tangsel Pakai 'Proposal Gaib'
Ngeri.!! Pencairan Dana Hibah BPN Tangsel Pakai 'Proposal Gaib'
(Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Permohonan Hibah kepada Badan Pertanahan Negara (BPN) Kota Tangsel, telah dicairkan oleh Pemerintah Kota Tangsel.

Pencairan tersebut, diduga tanpa prosedur yang jelas. Pasalnya, permohonan dana hibah yang dinilai tak masuk akal tersebut, dilakukan beberapa bulan menjelang tutup buku anggaran.

Tidak hanya itu, hingga kini proposal permohonan dana hibah yang sebelumnya diketahui mengalami revisi, tidak pernah nampak di permukaan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Warman Syanuddin menyatakan bahwa dana hibah kepada instansi-instansi vertikal telah disampaikan.

"Alhamdulilah dana hibah ke Polres dan BPN seluruhnya sudah disampaikan, untuk nilainya nanti menunggu laporan dari penerima hibahnya, sekitar pertengahan Januari. Berapa yang sudah dilaksanakan dan berapa yang akan digunakan kembali di 2019," kata Warman.

Warman pun menegaskan bahwa proposal permohonan dana hibah tersebut telah selesai, namun dirinya enggan memberikan salinannya, dengan alasan kebutuhan internal.

"Proposal dari BPN sudah beres. Proposalnya untuk disini (internal Pemkot Tangsel) aja. Saya harus izin ke Bu Wali (Walikota Tangsel), karena surat-surat permohonan hibah ditujukan ke Bu Wali," katanya lewat pesan whatsapp, Kamis (10/01/2019).

Sebelumnya, Nonstopnews.id mencoba mengklarifikasi kepada Anggota Badan Anggaran (Banggar) dari Komisi IV DPRD Tangsel, Sukarya terkait proposal tersebut.

"Saya sempet nolak. Saya mempertanyakan mana proposalnya. Sebagai anggota Banggar, saya juga perlu melihat penyaluran dana hibah itu untuk apa saja," tegasnya di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar, Kelurahan Serpong, Serpong, Rabu (9/01/2019) kemarin.

Tambah Sukarya, dirinya juga mengetahui kalau terdapat revisi, tetapi dirinya belum mengetahuinya. Padahal anggaran sudah disetujui. 

"Nah, katanya ada revisi, sampai sekarang saya belum tahu, coba nanti ditanyakan ke Banggar, apakah proposal revisinya sudah diterima apa belum," bebernya. 

Sementara itu, Ketua Banggar DPRD Tangsel, Bayu Murdani belum dapat dikonfirmasi terkait proposal dana hibah BPN tersebut. Keterangannya akan dimuat pada pemberitaan selanjutnya. (ak)